Perubahan Toyota Kijang dari Masa ke Masa

Ditulis oleh : admin | 14 February 2017

Perubahan Toyota Kijang dari Masa ke Masa

Tentu Anda sudah tidak awam mendengar nama mobil Toyota Kijang. Kini di Indonesia sudah berdiri sekitar selama 36 tahun sejak generasi pertama.

Dari masa ke masa perusahaan Toyota selalu memberikan perubahan dari produk mobil yang telah mereka usung. Misalnya Toyota Kijang, generasi pertama mobil ini terlihat klasik dan unik jika Anda mengingatnya kembali. Banyak yang mengatakan bahwa tipe mobil Kijang ada yang berupa Kijang doyok, buaya, kapsul dan generasi 6 kini menjadi yang paling modern yaitu Kijang Innova.

Perubahan Generasi Kijang Toyota

Generasi Pertama F10, 1975 – 1981

toyota kijang
Source: Mobilmo

Mobil Toyota Kijang diluncurkan pada pertama kali yaitu tahun 1975 dalam acara PRJ (Pekan Raya Jakarta). Disaksikan langsung oleh Mantan Presiden RI ke 2 dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Dimana pada waktu itu memiliki sebuah keraguan dari para perancang mobil Toyota. Mengenai apakah mobil Toyota Kijang dapat diterima dan laku dipasar Indonesia. Keraguan tersebut dikarenakan oleh Mitsubishi Colt yang merupakan tipe kendaraan yang lebih mendominasi pasar minibus pada waktu itu. Generasi 1 Toyota Kijang menerapkan konsep pick up dari bentuk yang kotak. Tipe ini sering disebut dengan Kijang Buaya sebab tutup kap pada mesin dapat dibuka hingga ke samping. Kijang perdana ini di produksi pada tahun 1977 hingga 1981.

Generasi Kedua 1981 – 1986

toyota kijang
Source: Modifisexy

Generasi ke-2 mobil Toyota Kijang mulai dipasarkan pada tahun 1981. Tipe generasi kedua ini tidak jauh berbeda pada generasi pertama. Tetapi, mobil ini mempunyai sedikit perubahan diantaranya: peningkatan silinder mesin menjadi 1.300 cc, yang sebelumnya adalah 1.200 cc. Kapasitas ini kemudian terus di tingkatkan lagi menjadi 1.500 cc.

Generasi Ketiga 1986 – 1996

toyota kijang
Source: Camargus

Tipe Toyota Kijang generasi ketiga mulai dipasok ke pasaran di tahun 1986. Generasi ini memiliki bentuk yang melengkung pada bagian sudut bodi mobil, sehingga tampak menjadi lebih sedikit modern. Hingga kini tipe mobil tersebut masih banyak digunakan di Indonesia, meskipun tidak lagi diproduksi untuk pasaran.

Generasi yang ketiga ini juga memiliki beberapa varian yang cukup banyak. Ada varian Commando dan Ranger. Jenis Commando yaitu sebagai ciri Toyota kijang yang memiliki empat pintu dengan pilihan:

  • Tipe Commando LSX – Kf50 : 5 speed, Rem cakram depan.
  • Tipe Commando SSX – KF40 : 5 speed, Rem cakram depan.
  • Tipe Commando LX – KF50 : 4 speed.
  • Tipe Commando SX – KF40 : 4 speed.

Ada pula dengan jenis Ranger tipe ini memiliki ciri-ciri 3 bagian pintu dengan kode sasis KF40, dan mempunyai sistem 5 speed. Sistem rem cakram pada bagian depan. Dan tipe ini jarang di temukan, karena produksi pada tipe ini sangat terbatas.

Generasi Keempat 1997 – 2004

toyota kijang
Source: Wikimedia

Setelah bertahan selama 11 tahun dengan perancangan pada generasi ke 3. Mobil kijang menciptakan kembali tipe berikutnya dengan sebuah perubahan pada bagian interior dan exteriornya menjadi sangat aerodinamis. Mobil satu ini akrab sekali dipanggil dengan tipe Kijang Kapsul. Total dengan varian awalnya mencakup 18 tipe dengan pilihan sasis (panjang atau pendek) dan spesifikasi mesin yang jauh berbeda.

Generasi Kelima 2004 – 2015

toyota kijang
Source: Learn to Ride Motorcycle

Sekitar pada tahun 2004 dipasarkan dengan nama Kijang Innova. Selain di Negara Indonesia, tipe ini juga dipasarkan di luar negeri dengan nama Innova (tanpa menggunakan Kijang). Tipe ini mengalami sebuah perubahan yang sangat drastis dibandingkan dengan tipe generasi sebelumnya. Jika pada konsep awal Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan untuk kelas bawah, maka Kijang generasi kelima lebih pada kategori dengan kendaraan kelas menengah. Bentuk fisiknya jauh lebih modern dan berkelas. Terutama pada bagian depan mobil ini, dimana tidak lagi memberikan kesan yang dengan bentuk lekuk yang tajam seperti pada generasi sebelum-sebelumnya.

Generasi Keenam 2015 – sekarang

toyota kijang
Source: Wikimedia

Di generasi ke-enam ini jauh lebih berbeda dengan generasi lainnya, yang lebih terlihat berkesan modern dan mewah. Toyota selalu memberikan perubahan demi perubahan dengan kesan yang menarik untuk para konsumennya. All New Kijang Innova mulai diluncurkan pada 23 November 2015 di Hotel Fairmount, Jakarta. Kijang generasi ke-enam ini di jual dengan 3 tipe utama, yaitu ada tipe G sebagai jenis yang dengan harga medium, V sebagai untuk kelas menengah, dan tipe Q untuk kelas tipe tertinggi. Ketiga tipe tersebut mempunyai 2 pilihan mesin. Ada yang memiliki 2.000 cc berkode 1TR-FE dengan teknologi Dual VVT-i dengna bahan bakar bensin dan 1 lagi mesin dengan bahan bakar diesel 2.400 cc berkode 2GD-FTV – intercooler dan VNT.

Baca Juga : Intip Evolusi Toyota Avanza dari Masa ke Masa!

Itulah 6 generasi Toyota Kijang yang diluncurkan oleh Toyota. Dengan bentuk dari generasi ke generasi yang selalu memiliki perubahan. Bagi Anda pencinta mobil Kijang bekas dan ingin membeli sebagai koleksi atau kebutuhan usaha dapat mencarinya di Momobil.id. Semoga tipe yang Anda temukan sesuai dengan pilihan Anda.

mobil terkait

Rp 160.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 235.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 178.000.000

Individu

JAKARTA BARAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 270.000.000

Individu

MAKASSAR


Kembali ke atas