Pesaing Avanza di Pasar Jual Beli Mobil Bekas Murah?

Jual Beli Mobil Bekas Murah? | Xpander vs Avanza

 

momobil.id - Sejak 2004, Avanza sudah memberikan trend mobil keluarga murah dan nyaman. Bersama Xenia, keduanya menyabet pasar yang serupa tapi tak sama karena pasarnya hanya dibedakan berdasarkan loyal brand. Berdigdaya lama, Avanza kedatangan pesaing baru di 2017. Kehadiran Xpander menggali ceruk pasar yang selama ini dinikmati Avanza. Di tahun 2018, Xpander menang tipis penjualannya. Bagaimana fenomena yang terjadi di pasar jual beli mobil bekas murah?

Sepanjang Januari - November 2017 berdasarkan data dari wholesales Toyota menyebutkan Avanza berhasil menerjunkan 109.529 unit ke pasaran untuk tipe E, G, Veloz, dan mesin 1.3 L dengan 1.5 L.

Mitsubishi Xpander muncul di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 masuk di segmen Low MPV. Penampakan bagian mukanya yang garang membentang siluet x pada moncongnya, menarik minat khalayak. Tubuhnya yang lebih besar dari Avanza mengesankan Xpander masuk dalam kelas SUV dan seolah menawarkan lebih dari mobil Low MPV pada umumnya.

Menantang Avanza, selama 2017 Mitsubishi giat mempromosikan Xpander secara above dan below the line. Efek promosinya terbilang sukses dengan banyaknya calon pembeli penasaran melihat langsung penampakan Xpander di GIIAS 2017.

Memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, dan ground clearance 205 mm, Xpander mengungguli dimensi Avanza yang punya panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dengan ground clearance 200 mm. Bahkan melampaui Rush yang memiliki dimensi panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705. X-Pander lebih pendek ground clearance dari Rush yang punya 220 mm.

Meski baru dua tahun diluncurkan, Xpander berhasil menjadi primadona. Harga yang sedikit lebih mahal dari Avanza dan lebih murah dari Rush, membuat posisi market di pangsa keduanya. Di pasar jual beli mobil bekas murah, Xpander menjadi barang paling dicari meski masih langka keberadaannya. Bahkan beberapa pemiliknya berusaha menjadikan Xpander sebagai “uang kunci.”

Uang kunci merupakan istilah baru dalam pasar jual beli mobil bekas murah, yakni mobil yang dibeli dari dealer didiamkan untuk beberapa waktu oleh pemiliknya agar kilometernya tetap sedikit atau seperti baru. Pemiliknya akan mark up lebih tinggi dari harga dealer kepada pembeli lain yang berminat. Peluang ini terjadi karena waktu inden pembelian Xpander terbilang lama.

Meski mobil baru dijual dengan harga bekas lebih mahal dari harga baru, fenomena uang kunci setali tiga uang dengan masalah garansi. Beredarnya Xpander di pasar mobil bekas murah membuat masalah lain terkait garansi yang diberikan produsen, yakni paket layanan purna jual tiga tahun atau 50 ribu kilometer.

Xpander yang muncul pertengahan 2017 dan 2018 ini, di pasar mobil bekas murah tentunya masih menyisakan garansi tersebut. Namun hal ini telah diklarifikasi sendiri oleh Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Arlan Marzuki, yang mengatakan tidak ada masalah dalam hal ini, karena yang dilindungi adalah mobil, bukan pemiliknya. Cukup registrasi ulang di bengkel resmi terdekat saja.

Bagaimana dengan Avanza? Masih tetap punya taji di pasar mobil bekas murah meski request-nya kalah sengit dengan Xpander bekas. Perbandingannya cukup signifikan. Jika mobil Avanza bekas masih bisa bertahan beberapa hari hingga mingguan, Xpander langsung raib dari showroom mobil bekas dengan singkat tanpa menunggu hari dan minggu. Fenomena ini sering terjadi memang pada mobil bekas incaran yang sedang naik daun.

Namun di awal tahun ini The New Avanza 2019 mulai unjuk gigi dan siap bersaing dengan Xpander. Meskipun sebagian pasarnya melihat New Avanza memiliki kemiripan dengan Xpander setelah mengalami facelift. Hal ini kemudian yang semakin mengukuhkan Xpander sebagai mobil idaman.

Selalu cek keberadaan Xpander bekas untuk mendapatkan harga riil dan rasional. Sebagai barang baru yang dijual bekas, Xpander masih bertaji sebagai mobil inovasi yang nge-hits hingga saat ini.

 Image   :Web resmi MitsubishiPenulis : Redaksi momobil.id - Jual Beli Mobil Bekas Murah?

Berita Terbaru

  • Mau Tahu Jenis Mobil yang Cocok untuk Wanita?
    • 22 Feb 2019
  • 1000 Orang Dibayarin di Harcilnas Adira Finance 2019
    • 21 Feb 2019
  • Promo Harbolnas Menangin Vespa Gratis
    • 20 Feb 2019
  • Beli Mobil A la Jagoan Selebritis Oscar 2019
    • 20 Feb 2019
  • Mobil Bekas Terbaik di Bawah Harga Rp 150 Jutaan
    • 19 Feb 2019