Pesepeda Membludak, Dishub Jakarta Adakan Jam Operasional Sepeda

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 June 2020

Pesepeda Membludak, Dishub Jakarta Adakan Jam Operasional Sepeda

momobil.id – Pemerintah sudah menerapkan masa new normal atau PSBB transisi sejak bulan Juni ini. Namun, dengan diterapkannya new normal, jumlah pengguna sepeda di masa new normal membludak, khususnya di kawasan Sudirman – Thamrin. Sebenarnya, jalur sepeda sudah memiliki marka tersendiri, namun karena pengguna sepeda semakin banyak, pemerintah mulai membuat peraturan bagi pesepeda. Menanggapi hal ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta membuat peraturan jam operasional sepeda di Jakarta.

Penerapan jalur operasional ini sudah mulai diberlakukan pada jalur Sudirman – Thamrin pada pagi dan siang hari. Pada rentang waktu setelah jam operasional, jalan akan dimaksimalkan untuk kendaraan bermotor. Apabila pesepeda keluar dari jalur, akan ada sanksi tilang dari pemerintah.

Jam operasional sendiri dibagi sesuai dengan hari kerja dan weekend. Pada hari Senin hingga Jumat, jam operasional pagi mulai pukul 06.00 – 08.00 WIB, sedangkan pada sore hari pukul 16.00 – 18.00 WIB. Untuk jam operasional Sabtu pagi adalah pukul 06.00 – 10.00 WIB, sedangkan sore pada pukul 16.00 – 19.00 WIB. Jam operasional pesepeda pada Minggu pagi disesuaikan dengan jam car free day, sedangkan Minggu sore pada pukul 16.00 – 19.00 WIB.

Baca Juga : Peraturan Baru PSBB Transisi, Penumpang Boleh Duduk Depan

Tips dan Etika Menghadapi Pesepeda di Jalanan

Dengan adanya peraturan jam operasional sepeda ini, tentunya pengguna kendaraan bermotor perlu waspada. Hal ini perlu diperhatikan agar dapat menghindari adanya kecelakaan yang melibatkan sepeda. Bagi pengguna kendaraan bermotor, disarankan untuk mengalah dan memberikan toleransi kepada pengguna sepeda. Pengguna sepeda lebih lelah secara fisik dibanding pengguna kendaraan bermotor, sehingga terkadang menggunakan badan jalan dan lupa memberi tanda jika hendak berbelok. Apabila terjadi hal demikian, pengguna kendaraan bermotor wajib membunyikan klakson agar pesepeda kembali ke jalurnya. Bagi pengguna sepeda, diusahakan untuk berjalan di dalam lajur sepeda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Apabila jalur sepeda tidak ada, sebaiknya pengguna sepeda menggunakan jalur lambat atau jalur paling kiri.



Kembali ke atas