Melihat Deretan Mobil SUV Hybrid yang Dijual di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 26 January 2020

Melihat Deretan Mobil SUV Hybrid yang Dijual di Indonesia

momobil.id – Maraknya mobil ramah lingkungan di Indonesia membuat para produsen otomotif berlomba merilis mobil hybrid andalannya. Tentunya setiap jenis mobil yang beredar saat ini sebagian sudah memiliki versi hybrid, begitupula SUV. SUV dipandang sebagai mobil yang gagah namun boros bahan bakar.

Produsen otomotif mencoba untuk mulai menghilangkan pandangan tersebut lewat SUV hybrid. Sebagian SUV hybrid tidak hanya dijual di luar negeri saja, namun beberapa sudah diboyong ke Indonesia. Apa saja mobilnya ? Berikut pembahasannya.

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV

Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) diluncurkan oleh Mitsubishi pada ajang GIIAS 2019. Mobil berbanderol Rp1,3 milliar ini dibekali teknologi plug-in hybrid, dengan kombinasi mesin 2.4L, motor listrik, dan baterai. Teknologi ini menggabungkan kinerja mesin, motor, dan baterai sehingga konsumsi BBM mampy menyentuh angka 50 km/liter.

Kelebihan Outlander PHEV yakni adanya opsi mode berkendara. Pertama adalah mode EV, dimana mesin bensin bekerja sebagai generator untuk mengisi daya baterai yang digunakan sebagai sumber tenaga utama. Selanjutnya ada mode hybrid paralel, yang memungkinkan daya baterai diisi oleh motor listrik. Apabila baterai membutuhkan tenaga lebih besar, maka mesin bensin akan bekerja menyalurkan tenaga ke baterai.

Baca Juga : Lima Rekomendasi Aksesori Interior Mobil Dibawah Rp100 ribu

Toyota CH-R Hybrid

Toyota C-HR

Setelah meluncurkan Camry Hybrid, Toyota merilis C-HR Hybrid pada tahun 2019 di Indonesia. C-HR versi hybrid ini dijual seharga Rp530 jutaan, selisih Rp30 juta lebih mahal dibanding versi standarnya. C-HR Hybrid mengusung desain yang hampir sama dengan sedikit perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari sedikit sentuhan baru pada lampu, pelek, dan warna baru.

Bagian yang paling berbeda dengan versi standarnya terletak pada mesin. Mesin dari C-HR Hybrid berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.800cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 98hp. Mesin ini kemudian dipadu dengan motor listrik berdaya 34hp. Dengan gabungan kedua mesin tersebut, konsumsi bahan bakar mobil ini 60 persen lebih efisien dibanding versi standarnya.

Nissan X-Trail Hybrid

Harga Nissan X-Trail Bekas
Nissan X-Trail

Nissan X-Trail hybrid diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2015. Pada masanya, X-Trail hybrid menjadi tipe termahal yang dibanderol dengan harga Rp650 juta. Teknologi yang dimiliki X-Trail hybrid ini berbeda dari versi standarnya, yaitu kombinasi antara mesin bensin dan motor listrik. Mesin bensin X-Trail hybrid berkapasitas 2.0L yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 144 PS dan torsi sebesar 207 Nm. Mesin ini kemudian dibantu dengan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 41 PS. Perpaduan antara mesin bensin dan motor listrik ini dapat membuat X-Trail hybrid lebih bertenaga dan lebih irit dibanding X-Trail bermesin 2.5L.

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas