Pilih-pilih Karpet ‘Mie’ Berbahan PVC Coil untuk Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 20 May 2019

Pilih-pilih Karpet ‘Mie’ Berbahan PVC Coil untuk Mobil

momobil.id – Karpet merupakan salah satu bagian interior yang mempengaruhi kenyamanan pengguna saat berada di dalam mobil. Salah satu jenis karpet yang saat ini sedang tren adalah karpet coil mat yang berbahan dasar PVC.

Dulu, karpet jenis ini hanya ada di mobil-mobil premium. Namun sekarang karpet coil mat sudah tersedia di hampir semua tipe mobil. Karpet coil mat dikenal dengan sebutan karpet ‘mie’ atau karpet ‘bihun’ lantaran permukaannya yang keriting. Selain nyaman dipandang dan memberi kesan elegan, karpet ini memiliki keunggulan untuk mencegah debu beterbangan. Hal itu dikarenakan debu atau kotoran yang jatuh ke karpet langsung terperangkap di bawah permukaan keritingnya.

Membersihkan karpet coil mat pun cukup mudah. Cukup dikibaskan saja maka kotoran sudah keluar dari karpet. Jika karpet terkena cairan berbau seperti susu atau kuah makanan, maka pengguna cukup menyemprotkannya dengan air dan sabun. Karpet jenis coil mat biasanya juga sudah dilengkapi gerigi di balik permukaannya. Tujuannya agar karpet lebih mencengkram dan tidak mudah bergeser.

Baca Juga: Ini daftar brand kendaraan di GIIAS 2019

Keunggulan lain menggunakan karpet berbahan PVC coil adalah tidak berbau. Namun dengan catatan karpet tersebut memang murni PVC coil 100 persen.

Menurut Presiden Direktur Makko Group, Christopher Sebastian, ada produk karpet yang menggunakan embel-embel PVC coil namun sudah dicampur dengan bahan daur ulang seperti sampah plastik. Jika dimasukkan ke ruang tertutup seperti kabin mobil, maka akan menimbulkan bau tak sedap. Karpet dengan bahan campuran seperti ini, kata Christopher, cocok untuk karpet outdoor atau penggunaan luar ruangan.

“Kenapa dia berbau? karena dia dari sampah plastik, makanya dia selalu dipakainya di outdoor. Jadi tidak cocok dipakai di dalam ruangan, kecuali kita tahan baunya,” kata Christopher seperti dilansir GridOto.

Saat ini, ada beberapa brand yang menawarkan karpet jenis PVC coil dengan pilihan ketebalan bervariasi mulai dari 13 mm hingga 18 mm. Berikut beberapa pilhan brand karpet ‘mie’ yang bisa menjadi pertimbangan:

First Class

First Class menghadirkan varian Signature Series dan Prime Series. Untuk Signature Series, karpetnya memiliki ketebalan 20 mm yang dibanderol Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta. Sedangkan Prime Series memiliki ketebalan 17 mm dengan harga yang lebih kompetitif.

Comfort

Karpet Comfort menawarkan dua pilihan model yaitu Deluxe dan Premium. Model Deluxe memiliki ketebalan 12 mm dengan sembilan varian warna dan model Premium setebal 20 mm dengan 14 varian warna. Untuk harganya, model Deluxe dibanderol sekitar Rp1 jutaan dan model Premium berkisar Rp1,9 jutaan.

Adapun meski mampu menyerap kotoran, pengguna karpet jenis coil mat tetap disarankan membersihkan karpet setidaknya seminggu sekali. Bila karpet tidak terlalu kotor, bisa dikibas-kibaskan untuk membuang debu dan kotoran. Jika agak kotor atau setelah tertumpah cairan, bisa dibersihkan menggunakan air.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: Alibaba

mobil terkait

Rp 190.000.000

Individu

BEKASI

Rp 206.000.000

Individu

BEKASI

Rp 247.000.000

Individu

BEKASI

Rp 260.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas