Plafon Mobil Berdebu atau Terkena Noda? Simak Tips Cara Membersihkannya

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 31 August 2020

Plafon Mobil Berdebu atau Terkena Noda? Simak Tips Cara Membersihkannya

momobil.id – Salah satu bagian mobil yang sering luput dibersihkan adalah plafon mobil karena posisinya ada di atas mobil. Padahal, jika terus menunda membersihkan plafon mobil akan menyebabkan warnanya terlihat kusam seiring waktu. Hal-hal yang menyebabkan plafon mobil menjadi kotor antara lain merokok di mobil dan memarkirkan mobil di tempat yang panas.

Agar plafon mobil tetap bersih, berikut beberapa tips untuk membersihkan plafon mobil mulai dari yang mudah dibersihkan hingga yang agak sulit dibersihkan.

Plafon berdebu

Ini termasuk hal yang ringan karena plafon yang berdebu bisa dibersihkan dengan cara menyikatnya tanpa air. Sikat dengan gerakan tangan searah menggunakan sikat gigi lembut dan lakukan secara perlahan-lahan.

Noda ringan

Untuk membersihkan plafon bernoda ringan, bisa menggunakan sikat lembab yang dicampur sedikit deterjen. Gunakan sikat gigi berbulu lembut yang sudah tidak digunakan. Caranya, tuangkan deterjen tanpa diaduk dan biarkan selama 3 menit. Lalu, celupkan sikat yang telah disiapkan ke dalam larutan deterjen, lalu angkat.

Gerakkan sikat ke atas dan ke bawah agar larutan deterjen terbuang dan sikat menjadi lembab. Lalu sikatkan perlahan noda di plafon dengan lembut dan searah. Jangan mengaduk larutan deterjen karena jika sikat berbusa dan menyentuh plafon, yang akan terjadi adalah terjadi flek dan menimbulkan noda yang tidak bisa hilang.

Noda pekat

Untuk kasus plafon dengan noda pekat, bisa menggunakan cairan pembersih fabric. Caranya, gunakan kain yang lembut dan halus jenis microfiber dan siapkan cairan permbersih. Siapkan pula air bening tanpa campuran deterjen. Untuk memulainya, bisa membasahi kain dengan air, lalu peras sampai kering. Usapkan pada plafon kotor secara perlahan agar plafon tidak robek. Lalu, semprotkan cairan fabric ke kain dan gosok plafon dengan kain tersebut.

Baca juga: Seputar Reliant Regal, Mobil Unik yang Bikin Jengkel Mr. Bean

Adapun selain cara di atas, pemilik mobil juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon mobil. Gunaka vacuum cleaner dengan penggunaan daya serap ringan untuk menjaga kondisi plafon tetap dalam kondisi baik.(Dwi Septi)



Kembali ke atas