Sedang Ramai Plat Nomor Kendaraan A, Dari Daerah Mana?

Ditulis oleh : Rafii Lano | 3 June 2024

Sedang Ramai Plat Nomor Kendaraan A, Dari Daerah Mana?

momobil.id – Setiap kendaraan yang beroperasi di jalan raya wajib memiliki identitas yang unik, salah satunya adalah mellaui plat nomor. Plat nomor tidak hanya berfungsi sebagai identitas, namun juga untuk sistem pengelolaan dan penegakan hukum lalu lintas.

Selain itu, melalui plat nomor kendaraan terdapat juga informasi penting lainnya seperti daerah asal kendaraan, jenis kendaraan serta masa berlaku STNK. Salah satu plat nomor yang beredar di Indonesia adalah Plat nomor “A”.

Mengenal Plat Nomor A

Plat nomor dnegan kode A merupakan plat nomor khusus wilayah-wilayah Provinsi Banten, termasuk beberapa kabupaten seperti Tangerang, Cilegon, Lebak, Serang dan Pandeglang. Daerah-daerah tersebut menggunakan plat nomor dengan kode “A”.

Baca Juga : Mengenal Sistem MLFF dan Aplikasi Cantas, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti

1. Plat A Kota Serang

Kota Serang merupakan daerah pertama yang menggunakan kode plat “A” sebagai huruf awal plat nomor. Selanjutnya plat nomor diikudi dengan angka dan kode sub daerah dengan huruf seperti A/B/C/D yang menandakan daerah lebih spesifik dari kendaraan tersebut.

Mislanya mobil memiliki plat nomor A 9876 ABD menandakan bahwa kendaraan tersebut merupakan kendaraaan provinsi banten untuk daerah Kota Serang. 

2. Plat A Kabupaten Serang

Selanjutnya ada daerah Kabupaten Serang, plat nomor kendaraan daerah ini diawali dnegan huruf A, kemudian angka, lalu diakhiri dengan huruf E/F/G/H/I. Contohnya seperti A 9973 EJ atau A 7736 HE.

3. Plat A Kabupaten Lebak

Kabupaten Lebak merrupakan salah satu daerah di Provinsi Banten. Plat nomor kendaraan untuk daerah ini diawali dengan huruf A, lalu diikuti dengan angka dan diakhiri dengan huruf P/R/S/T. Contohnya seperti A 6638 RS atau A 5647 SP.

4. Plat A Kabupaten Tangerang

Selanjutnya, daerah Kabupaten Tangerang, kendaraan dari daerah ini memiliki plat nomor yang diawali dengan huruf A dan diakhiri dengan huruf V/W/X/Y/Z. Contohnya seperti A 7538 VST atau A 6638 YZS yang menandakan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang.

5. Plat A Kabupaten Pandeglang

Daerah kabupaten Pandeglang merupakan salah satu daerah di Provinsi Banten. Plat nomor kendaraan dari daerah ini diawali dengan huruf A lalu diakhiri dengan huruf J/K/L/M/N. Contohnya A 7638 JL atau A 3327 MO, menandakan kendaraan tersebut berasal dari Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang. 

6. Plat A Kabupaten Cilegon

Terakhir terdapat Kabupaten Cilegon. Plat kendaraan dari daerah ini diawali dengan huruf A lalu diakhiri dengan huruf O/U dengan contoh seperti A 6634 OX atau A 6793 UZ, nomor tersebut menandakan bahwa kendaraan berasal dari Kabupaten Cilegon. 

Fungsi Plat Nomor Kendaraan

Selain sebagai identitas, plat nomor juga memiliki beberap peran penting lainnya seperti berikut. 

1. Membedakan Kendaraan 

Dengan adanya plat nomor, setiap kendaraan memiliki identitas tersendiri sehingga dapat dibedakan dari kendaraan lainnya. Hal ini berguna untuk penegakan hukum dan mencegah tindak kriminal.

2. Menunjukkan masa berlaku STNK

Plat nomor mencantumkan informasi mengenai masa berlaku STNK yang perlu diganti selama 5 tahun sekali. Informasi ini membantu untuk melakukan pemeriksaan bahwa kendaraan yang beroprasi di jalan raya memiliki dokumen yang sah.

3. Menunjukkan asal daerah Kendaraan

Kode unik pada plat nomor merujuk pada daerah asal kendaraan. Informasi ini berguna untuk menangani kasus kecelakaan dari sebuah kendaraan.

Berikut ulasan mengenai plat nomor kendaraan “A”, semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia otomotif khususnya roda empat.

Baca Juga : Plat Nomor ZZ Banyak Berkeliaran, Pengganti Plat RF?

Kunjungi momobil.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai tukar tambah, jual cepat, mobil baru, mobil bekas, hingga momobilpro. Nikmati kemudahan dan keuntungan tanpa ribet melalui aplikasi adiraku

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas