Plat Nomor Kendaraan Bakal Pakai Chip, Usung Sistem RFID

Ditulis oleh : admin | 6 January 2022

Plat Nomor Kendaraan Bakal Pakai Chip, Usung Sistem RFID

momobil.id – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor untuk ke depannya akan dipasangkan chip yang mendukung sistem Radio Frequency Identification (RFID). Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar M. Taslim Chairuddin mengatakan bahwa teknologi RFID tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Berbagai kegiatan identifikasi kendaraan saat memasuki gerbang tol atau parkiran nantinya akan lebih mudah.

“Pemasangan chip dalam TNKB itu maksudnya ialah untuk penerapan RFID. Jadi dalam bayangan saya, nanti perangkat itu dipasang ke dua titik yakni di TNKB yang tidak memiliki nilai uang dan di dalam kendaraan. Sebab kalau hanya ada satu RFID (di dalam kendaraan) takutnya BTS tak bisa menangkap sinyal dengan baik sehingga identifikasi kendaraan gagal. Namun semua ini masih tahap kajian,” kata Taslim dilansir dari detikOto.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan chip yang mendukung sistem RFID pada plat nomor kendaraan berfungsi untuk mendukung identifikasi kendaraan. Disamping itu, mobil juga akan diberikan perangkat yang berfungsi untuk pembayaran langsung apabila diperlukan. Penggunaan teknologi ini tentunya akan mengurangi antrean.

Baca Juga: Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Diterapkan di 2022, Begini Cara Bayarnya

Selain untuk mengurangi jumlah antrean pada wilayah tertentu, penggunaan teknologi RFID pada plat nomor kendaraan juga berfungsi mendukung penerapan tilang elektronik. Teknologi RFID ini nantinya akan terintegrasi dengan sistem berbasis komputer sehingga diklaim lebih efektif untuk memantau data di jalanan.

“Apabila sistem tersebut sudah berjalan, bisa dikembangkan lagi lebih jauh ke penerapan ERP sampai penindakan tilang lewat ETLE secara langsung. Jadi kalau ada yang melanggar lalu lintas langsung saldo E-Money pada kendaraan terkait dipotong. Tak perlu lagi sidang atau proses yang cukup memakan waktu. Namun dengan catatan pelanggaran lalin sudah masuk ranah hukum administrasi negara,” ujar Taslim dilansir dari detikOto.

Implementasi plat kendaraan dengan teknologi RFID sendiri membutuhkan proses waktu yang cukup panjang. Untuk saat ini, Korlantas Polri berencana mengubah warna dasar plat kendaraan menjadi warna putih pada pertengahan 2022. Teknologi yang akan diterapkan pada plat kendaraan berwarna putih ini adalah Automatic Number Plate Recognation (ANPR) yang terintegrasi dengan kamera ETLE.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas