Poles Mobil Anda Dengan Carnauba Wax

Ditulis oleh : admin | 16 January 2017

Poles Mobil Anda Dengan Carnauba Wax

Perawatan mobil itu penting untuk menjaga daya tahan serta kualitas mobil Anda, baik dari segi bodi atau mesin. Salah satu perawatan yang paling umum dan bisa dilakukan siapa saja adalah dengan rutin mencuci mobil, karena bisa dilakukan di rumah sendiri. Mencuci mobil akan menjaga kesegaran mobil, jika dilakukan dengan cara yang benar.

Baca Juga : 3 Cara Mencuci Mobil yang Benar

Namun, pernahkah Anda bertanya bagaimana cara menjaga mobil terlihat seperti baru atau mengkilap? Ternyata, mencuci mobil saja tidak cukup untuk membuat mobil terlihat seperti baru lho, Anda membutuhkan alat / bahan khusus untuk membuat mobil Anda mengkilap. Salah satunya adalah dengan menggunakan Carnauba Wax.

Carnauba Wax
Source: xemercedesvietnam.com

Apa itu Carnauba Wax?

Carnauba wax atau juga disebut Brazil wax merupakan wax dari dedaunan Copernicia prunifera, tanaman yang hanya tumbuh di salah satu daerah di Brazil. Wax ini cukup mudah dikenal, karena bentuknya yang berbentuk seperti cairan sedikit kasar berwarna kuning kecoklatan.

Wax asal Brazil memiliki kandunga aliphatic ester (40wt%), asam 4-hydroxycinnamic (21.0wt%), asam hydroxycarboxylic (13.0 wt%), dan asam alkohol (12 wt%). Campuran kimiawi tersebut menjadikan wax ini cocok untuk mengkilapkan body mobil.

Apa Fungsi dari Carnauba Wax?

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan finish yang glossy, glowing, basah, dan efek yang mengkilap. Selain itu, carnauba wax juga dipercaya mampu melindungi cat bodi mobil dari air hujan dan water spot dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, Carnauba wax sangat penting dalam dunia detailing mobil. Bahkan carnauba wax tidak hanya dipakai untuk bodi mobil, tetapi juga kerap dipakai pada sepatu, furnitur, alat musik, hingga makanan (permen).

Apakah Carnauba Wax Bisa Mengikis Cat Bodi Mobil?

Ada mitos yang mengatakan kalau terlalu banyak diolesi carnauba wax justru akan merusak cat bodi mobil. Jawabannya adalah: tidak! Carnauba wax hanya akan mengangkat lapisan clear coat pada cat mobil yang sudah mati karena proses oksidasi. Namun, carnauba wax tidak akan mengangkat sedikitpun clear coat yang masih terawat dengan baik.

Cara Memakai Carnauba Wax Pada Mobil

Source: gcsplashandshine.com.au

Memoles mobil Anda dengan carnauba wax amatlah mudah. Namun perlu diingat, tidak semua wax atau cairan pemoles mengandung carnauba wax. Jadi, sebelum Anda memoles mobil pastikan Anda memilih pemoles mobil yang mengandung carnauba wax. Berikut adalah langkah-langah pemakaian carnauba wax:

  1. Cuci dan keringkan mobil Anda seperti biasa.
  2. Usahakan mobil Anda tidak dalam tempat terik yang terkena sinar matahari langsung
  3. Oleskan carnauba wax pada bodi mobil Anda dengan lap kering atau busa aplikator pad dengan gerukan memutar (circular motion)
  4. Tunggu 3-5 menit sampai carnauba wax mengering.
  5. Bersihkan carnauba wax dengan kain microfiber agar menghasilkan hasil yang maksimal

Mudah sekali bukan? Kini Anda bisa merasakan hasil perawatan dari car detailing premium hanya dengan menggunakan carnauba wax yang diaplikasikan sendiri. Semakin sering Anda melakukan kegiatan ini, mak akan semakin terawat mobil Anda. Karena mobil yang terawat juga akan memiliki nilai jual yang tinggi pula nantinya ketka Anda ingin menjual mobil.

Setelah melakukan perawatan, Anda tentu penasaran kan kira-kira berapa harga mobil terawat Anda di pasaran? Cek saja harga jual mobil second Anda di Momobil.id! Proses penjualan yang mudah serta sistim transaksi yang aman akan membuat Anda nyaman dalam menjual mobil.

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas