Power Window Mendadak Macet? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

02 Sep 2019

momobil.id - Power window merupakan salah satu fitur yang mampu menambah kenyamanan pengguna saat membuka tutup jendela. Hampir semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan fitur ini. Meski begitu, terkadang beberapa pengguna menemui masalah ketika menggunakan power window dan belum sempat melakukan perbaikan ke bengkel terdekat.

Masalah utama yang biasa terjadi pada power window adalah jika sudah macet. Jika sudah begitu, jendela mobil sulit dibuka atau ditututp. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang membuat power window menjadi macet. Berikut beberapa penyebab macetnya power window dan cara mengatasinya.

Saklar atau switch rusak

Ketika saklar rusak, maka akan menyebabkan power window macet. Pada awalnnya, saklar atau switch masih bisa digunakan, namun lama-lama tidak dapat digunakan karena arusnya tidak terhubung dan menyebabkan kaca mobil tidak bisa naik atau turun. Sebagai solusinya, kamu hanya perlu mengganti saklar yang rusak. Harganya sendiri bervariasi, tergantung tipe mobil dan saklar bagian mana yang rusak.

Motor penggerak aus

Bagian motor yang sering rusak ada di bagian brush atau sikat motor. Sikat ini berfungsi menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Karena rotor selalu berputar, otomatis brush akan selalu bergesekan dengan rotor.

Gesekan tersebut akan mengikis brush sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan brush aus dan tidak bisa menyalurkan listrik dengan sempurna. Hasilnya motor akan macet dan itu akan menyebabkan kaca mobil tidak bisa dibuka tutup.

Untuk solusinya, hampir serupa dengan problem di atas. Pemilik mobil harus mengganti brush motor penggerak. Hanya saja, sangat sulit mencari komponen brush, sehingga bengkel sering merekomendasikan untuk mengganti satu set motor power window.

Rel kaca mobil kotor

Terkadang, kotoran dan debu sering kali tersangkut dalam rel kaca mobil. Hal ini akan menghambat kinerja power window dan akhirnya membuatnya macet. Guna menghindarinya, sebaiknya bersihkan rel kaca mobil secara rutin agar power window tidak mudah macet.

Cara membersihkan yang paling mudah adalah dengan menyiapkan semprotan silikon yang mudah ditemukan di pasaran. Semprotan silikon akan lebih netral dan akan bekerja dengan baik untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada pada rel kaca mobil.

Sumber gambar: Frank Autoglass Chicago

  • Tips & Trik (Display)
  • tips merawat mobil
  • power window mobil
  • power window macet
  • harga saklar power window

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More