Produksi Mobil Datsun di India Dihentikan, Penjualan Buruk

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 April 2022

Produksi Mobil Datsun di India Dihentikan, Penjualan Buruk

momobil.id – Sebagian pecinta otomotif tentu familiar dengan merek Datsun. Datsun merupakan merek yang dibangkitkan kembali oleh Nissan setelah dahulu sempat menghilang. Pada tahun 2013, Nissan kembali memperkenalkan Datsun sebagai merek yang menjual mobil ramah kantong. Kini, produksi mobil Datsun di India dihentikan oleh Nissan. Hal ini membuat merek Datsun kembali disuntik mati dari persaingan otomotif dunia.

Sebagai informasi, produksi Datsun di Indonesia juga sempat dihentikan pada 2020 silam. Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Nissan dan Datsun mengambil langkah berat dengan meakhiri produksi mobil Datsun di Indonesia. Pada saat itu, dealer Datsun hanya bertugas untuk menghabiskan stok dan melayani konsumen yang sudah memiliki mobil Datsun. Kini, kasus yang sama terjadi di India. Nissan resmi menghentikan produksi mobil Datsun pada Senin (25/04/2022) lalu. Pabrik Datsun yang terletak di Chennai, India menjadi pabrik terakhir yang memfasilitasi produksi mobil Datsun setelah pabrik Rusia dan Indonesia ditutup pada 2020 silam.

Baca Juga: Menengok Ragam Fitur di Nissan Magnite, SUV Kompak Berbanderol Rp200 Jutaan

Adapun alasan Produksi mobil Datsun di India dihentikan karena fokus pada model dan segmen utama yang memberikan nilai terbaik bagi konsumen. Selain itu, penjualan dari mobil Datsun di India pun juga menjadi salah satu alasan diberhentikan produksinya. Dalam 1 tahun terakhir, Datsun mengalami masa yang buruk. Penjualan dari merek asal Jepang ini mengalami penurunan yang tajam. Meskipun demikian, Datsun India akan tetap memberikan layanan purna jual, suku cadang, dan garansi dealer.

Mengenai Merek Datsun

Datsun bukanlah merek yang sepenuhnya baru. Brand mobil asal Jepang ini memiliki sejarah yang panjang dan kuat. Pada tahun 1983, nama Datsu digantikan dengan Nissan. Saat itu, line up mobil Datsun seluruhnya digantikan oleh nama Nissan. Pada tahun 2013, Carlos Ghosn yang merupakan petinggi merek Nissan merilis kembali merek Datsun. Merek Datsun bertugas untuk mengisi lini mobil murah di negara berkembang seperti India, Indonesia, Afrika Selatan dan Nepas. Merek Datsun juga dijual di Russia, Lebann, Belarus, dan Khazakstan. Sebelum memberhentikan produksinya, sudah ada 6 model yang dijual oleh Datsun. Di Indonesia, model Datsun yang diperkenalkan yaitu Datsu Go, Datsun Go+ dan Datsun Go Cross.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas