Profesi Desainer Mobil Menjanjikan, Lho!

Ditulis oleh : admin | 25 June 2018

Profesi Desainer Mobil Menjanjikan, Lho!

Desainer Mobil | Desainer

momobil.id – Tahukah kamu kalau yang mendesain mobil VW UP itu orang Indonesia? Namanya Christian Lesmana. Jika kamu ingin seperti Christian dan tertarik dengan dunia desain, kamu bisa lho pilih profesi desainer mobil.

Penghasilan seorang desainer mobil bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan, belum termasuk bonus jika mobil hasil rancangannya laku di pasaran. Perlu diketahui, bahwa 70 persen dari harga jual mobil adalah biaya desain, sisanya adalah produksi. Ini sudah jelas, bahwa karya kreatif selalu memiliki nilai tinggi.

Lalu, apa saja kemampuan yang harus dimiliki seorang desainer mobil? Dikutip dari Nissan Indonesia, ini dia jawabannya.

1. Kumpulan pengalaman tentang mobil

Pertama tentu kamu mesti memiliki ketertarikan atau passion di bidang permobilan. Pelajari fitur-fitur pada mobil bagaimana ia bekerja. Beruntung buat generasi sekarang, karena untuk belajar bisa memanfaatkan situs otomotif atau melihat video otomotif di YouTube.
Ketahui juga seputar tren desain otomotif yang sedang ramai. Karena dari situ kamu bisa mendapatkan inspirasi membuat mahakarya sebuah desain mobil.

2. Kuliah di jurusan Desain Otomotif (Desainer Mobil)

Alangkah baiknya jika kamu mengambil kuliah jurusan desain otomotif. Itu akan mendukung ilmu kamu, selain pengetahuan yang dipelajari di internet. Lagi pula untuk bekerja di perusahaan otomotif sebagai desainer otomotif (desainer mobil), gelar sarjana lebih dipertimbangkan.
Di bangku kuliah kamu akan dapat meningkatkan kemampuan dasar, khususnya di bidang desain mobil. Kamu juga akan belajar tentang matematika, computer-aided drafting (CAD) dan pembuatan model agar siap bergabung dengan industri otomotif. Dengan pengalaman serta kemampuan dasar ini, tentunya kamu sudah siap untuk bekerja sebagai desainer mobil.

3. Inspirasi dan kreativitas

Inspirasi ketika membuat desain mobil bisa diperoleh di mana saja. Jika kamu ingin menjadi desainer mobil. seringlah mendatangi pameran mobil, karena di situ selain dipamerkan mobil siap pakai, juga ada mobil konsep.

4. Membuat konsep mobil sebagai portofolio

Perbanyaklah portfolio desain mobil yang kamu buat. Portfolio itu sebagai pertimbangan perusahaan otomotif ketika kamu melamar kerja sebagai desainer mobil. Alangkah bagusnya jika kamu juga membuatkan desain mobil untuk perusahaan yang kamu lamar, karena itu akan memberikan gambaran bagi pemberi kerja bahwa kamu memang benar-benar memiliki kemampuan untuk membangun desain mobil yang sempurna untuk perusahaan tersebut.

Oleh : Endang Triwijayanti

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 153.000.000

Individu

JEMBER

Rp 98.000.000

Individu

JEMBER

Rp 117.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas