Punya Mobil Karavan dengan Fasilitas Toilet? Jangan Lupa Cek Black Water Tank agar Tidak Luber

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

18 October 2019

Punya Mobil Karavan dengan Fasilitas Toilet? Jangan Lupa Cek Black Water Tank agar Tidak Luber

momobil.id – Enggak puas sama mobil biasa, beberapa orang memutuskan membeli mobil karavan atau recreational vehicle (RV) karena dapat dijadikan rumah kedua atau usaha seperti food truck. Terlebih mobil RV kini bisa diberikan berbagai macam fasilitas, dari ruang keluarga hingga toilet.

Namun khusus untuk fasilitas toilet, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana proses pembuangan toilet di mobil RV? Karena pastinya tidak sepraktis pembuangan toilet di rumah karena mobil RV juga sewaktu-waktu dipakai berkendara.

Sama seperti toilet rumah, toilet di mobil karavan juga memiliki tank yang dinamakan black water tank. Dilihat dari namanya, tank ini bukan sekedar untuk menampung air, tapi juga feses dan segala sesuatu yang dibuang melalui toilet. Hanya saja, kapasitasnya tidak cukup besar seperti tank rumah.

Kapasitas black water tank

Kapasitas black water tank bermacam-macam, tergantung ukuran RV yang digunakan. Kapasitas rata-rata 40-60 galon, tetapi ada juga RV yang menggunakan tank berkapasitas kurang dari 30 galon.

Tidak seperti di rumah, ampas pembuangan yang telah tersalur ke black water tank harus diperhatikankarena mobil karavan juga digunakan untuk berkendara. Jika dibiarkan menumpuk, bobot mobil ikut bertambah dan otomatis mesin akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil.

Black water tank dapat menampung ampas pembuangan dari toilet kurang lebih dua minggu, namun tergantung pemakaian. Jika 2/3 kapasitas telah terisi, lebih baik segera dibuang agar tidak meluap atau bocor.

Ada baiknya juga agar tidak terlalu sering mengosongkan black water tank agar ampas pembuangan dapat terurai terlebih dahulu. Ampas pembuangan yang telah terurai tentunya lebih mudah disingkirkan saat membersihkan tank.

Cara membersihkan black water tank

Black water tank biasanya sudah dilengkapi dengan katup yang dapat dimasukkan selang. Selang tersebut berfungsi untuk menyalurkan isi tank ke tempat pembuangan akhir.

Sebelum membersihkan tank, pastikan kamu sudah menggunakan sarung tangan, masker, bahkan kacamata pelindung karena tank yang akan dibersihkan menyimpan ampas pembuangan seperti urine dan feses sehingga tidak baik bagi kesehatan jika membersihkannya tanpa memakai alat pelindung.

Setelah itu, buka katupnya dan tunggu hingga isi tank selesai dibuang. Lalu lanjutkan dengan membersihkan sisa-sisa ampas pembuangan dengan membilasnya menggunakan air bersih. Setelahnya, black water tank sudah selesai dibersihkan dan dapat digunakan kembali.

Sebagai catatan, ampas pembuangan toilet harus dibuang ke stasiun pembuangan yang tepat karena bakteri hasil buang air manusia tidak sehat dan dapat membawa penyakit. Jika kamu mengikuti kegiatan perkemahan dengan mobil RV, biasanya sudah disediakan stasiun pembuangan. Karena itu, pastikan tujuan bepergian kamu dengan mobil RV sudah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Sumber gambar: tripsavvy

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas