Punya Mobil Tahun Lawas? Simak Tips Cara Perawatannya

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 21 August 2020

Punya Mobil Tahun Lawas? Simak Tips Cara Perawatannya

momobil.id – Dunia otomotif kian lama teknologinya kian berkembang dari waktu ke waktu. Meski begitu, masih banyak pencinta mobil tahun lawas karena estetika dan keunikan mobilnya yang membuatnya memiliki nilai tersendiri. Sayangnya, mobil tahun lawas juga memiliki mesin yang tua. Ini artinya, pemilik kendaraan perlu mengetahui cara merawat mobil lawas yang mesinnya sudah tua agar kinerjanya tetap prima.

Lalu, bagaimana cara merawat mobil lawas bermesin tua? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cek berkala mesin mobil

Pastikan mobil dalam kondisi prima dengan mengeceknya secara berkala. Pemilik kendaraan harus rutin melakukan tune up ke bengkel. Terutama bila merasa performa mobil menurun. Tune up akan membantu menjaga komponen mobil agar tidak rentan rusak.

Penggunaan oli dan bahan bakar

Mesin mobil tua dengan usia lebih dari sepuluh tahun butuh asupan oli ekstra agar performanya tetap terjaga. Pengemudi bisa menggantinya secara rutin setiap mobil menempuh jarak 2.500 km untuk menekan tingkat emisi dan meringankan beban kinerja mobil.

Perhatikan kabel, ring, dan karet penyangga

Tidak hanya harus rutin memeriksa kendaraan, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan komponen penting, seperti kondisi kabel, ring dan karet penyangga. Cek dengan baik komponen-komponen tersebut untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi.

Perhatikan velg dan ban mobil

Pastikan velg dan ban mobil dalam kondisi yang baik dengan mengeceknya secara rutin. Ban yang tipis bisa membahayakan pengemudi. Maka dari itu, pemilik mobil harus menyiapkan ban ganti dan alat dongkrak untuk kebutuhan tidak terduga selama di jalan.

Selain itu, pemilik juga harus mengecek kekuatan kaki-kaki mobil apakah kondisinya masih kuat atau tidak. Perhatikan pula bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspense dan karet stabilizer. Jika ada suara mengganggu, maka segera bawa ke bengkel.

Baca juga: Buat yang PenasaranSegini Biaya Perawatan Tesla Model S

Cat ulang mobil

Tampilan mobil lawas mungkin sudah ada yang terlihat kusam pada bagian cat dan memiliki beberapa goresan. Tak ada salahnya melakukan cat ulang pada bagian eksterior mobil agar tampilan mobil kembali terlihat mengkilap.

Gunakan cover mobil

Agar perlindungan tampilan eksterior lebih maksimal, pemilik mobil sebaiknya menggunakan cover mobil ketika mobil diparkir di rumah. Cover mobil ini akan melindungi mobil dari debu dan kotoran lain yang mungkin terbawa angin.(Dwi Septi)


Kembali ke atas