Regulasi Formula E Punya Sistem Vote yang Melibatkan Penonton, Begini Cara Kerjanya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

27 Sep 2019

momobil.id - Pada bulan Juni 2020, ajang balap mobil listrik Formula E akan diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat. Bagi kamu yang tertarik menyaksikan balapan ini, rasanya kurang lengkap kalau belum mengetahui apa saja regulasi dan aturan main yang berlaku pada balapan Formula E.

Regulasi dasar yang harus diketahui adalah balap Formula E akan diikuti oleh 24 pebalap yang berasal dari dua belas tim. Para pebalap ini akan menjajal lintasan sepanjang 2,3-3 kilometer. Pebalap akan diberi sesi latihan bebas selama 45 menit untuk sesi pertama dan tiga puluh menit untuk sesi kedua. Pebalap juga akan diberi dua mobil untuk sesi ini.

Seperti Formula 1, grid balap Formula E juga ditentukan berdasarkan hasil tahap kualifikasi yang berlangsung selama satu jam. Tidak seperti latihan, pebalap hanya diberi satu mobil dan pebalap tercepat berhak mendapatkan start paling depan serta poin tambahan sebanyak tiga poin. Sementara, untuk sesi balapnya, berdurasi selama 45 menit dengan tambahan satu putaran.

Selama empat musim pertama, pebalap wajib melakukan pit stop dengan waktu yang ditentukan. Namun, dengan digantinya mobil balap menjadi SRT 05E, pit stop tidak lagi diadakan karena mobil SRT 05E memiki kapasitas daya yang lebih besar sehingga tidak perlu adanya pergantian mobil.

Pengisian bahan bakar dan pergantian ban mobil juga tidak diizinkan selama pertandingan berlangsung, kecuali jika ban mobil terhantam atau rusak. Sebagai informasi, meskipun SRT 05E memiliki daya sebesar 250 kW, pemakaian daya untuk balapan tetap dibatasi hanya sebesar 200 kW.

Dilihat dari sisi sirkuitnya, telah disediakan 11-12 tikungan dengan tiga titik pengereman hard brake. Seperti mobil listrik pada umumnya, mobil listrik yang digunakan untuk balapan di Formula E turut disisipkan teknologi yang mampu membantu mengisi ulang baterai ketika melakukan pengereman.

Adapun selain regulasi umum, Formula E juga memiliki regulasi yang berbeda dibanding balapan lainnya seperti memberlakukan aturan Fanboost. Berikut penjelasan selengkapnya.

Fanboost

Fanboost merupakan ciri khas regulasi ajang Formula E. Fans dapat mempengaruhi performa pebalap hanya dengan memberikan vote melalui fiaformula.com. Jika pebalap memiliki banyak vote hingga menempati posisi teratas, pebalap akan mendapatkan additional power sebesar 40-50 kW.

Attack Mode

Sejak musim ke-5, Formula E memberikan fitur terbaru yang disebut dengan 'mode serang' (attack mode). Mode ini dapat diperoleh pebalap dengan cara berkendara di zona aktivasi attack mode yang berada di luar garis balap. Biasanya, hanya disediakan satu zona aktivasi dan posisinya berada di tikungan.

Untuk mendapatkan mode ini, pebalap berisiko mempertaruhkan waktunya hingga tertinggal oleh pebalap yang lain, tetapi bisa kembali menyalip dan jauh lebih unggul (attack) jika strategi dan perhitungan yang digunakan saat berkendara di zona aktivasi sudah tepat. Karena pebalap yang berhasil mendapatkan attack mode diberikan daya tambahan sebesar 25 kWh.

Baik Attack Mode maupun Fanboost bisa didapatkan pebalap jika mereka telah menerima sinyal. Sinyal ini bisa dilihat pebalap dari 'Halo' yang terletak di atas kepala. Jika Halo menyala dengan warna biru, pebalap berhasil mendapatkan Attack Mode, dan warna magenta untuk Fanboost.

Sumber gambar: Racecar Engineering

  • Featured Article
  • formula e
  • regulasi formula e
  • balapan formula e

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2014
Manual

145 juta

PADANG

2015
Manual

125 juta

JAKARTA UTARA

2013
Manual

128 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More