Rem Mobil Mendadak Blong Bikin Keringat Dingin, Begini Cara Menghadapinya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

24 Sep 2019

momobil.id - Rem blong merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Rem blong pada mobil dapat terjadi karena berbagai faktor dan bisa menimpa siapa saja. Lalu, jika tiba-tiba menghadapi situasi seperti itu, bagaimana cara menghadapinya? Seperti dilansir laman resmi Auto2000, simak beberapa langkah penting berikut untuk menghadapi rem blong!

Jangan panik

Menjaga emosi ketika menghadapi situasi seperti ini memang tidak mudah, apalagi jika situasi jalan sedang padat-padatnya. Segera kendalikan diri dan tetap fokus menurunkan kecepatan sembari mengendalikan situasi.

Turunkan posisi gigi secara bertahap

Begitu mengetahui rem mobil blong, segera turunkan gigi dari tinggi ke rendah secara bertahap agar mendapatkan efek engine brake. Putaran mesin kemungkinan akan sangat tinggi, namun tidak perlu panik karena yang terpenting adalah kecepatan dapat dengan pasti menurun.

Jangan langsung pindahkan ke gigi satu atau L untuk mobil matic. Secara bertahap, turunkan posisi gigi sesuai yang tertera di sisi tuas transmisi. Sesuaikan dengan kecepatan mobil.

Untuk mobil matic dengan mode manual, pindahkan tuas ke posisi M dan lakukan penurunan kecepatan secara bertahap. Memang transmisi otomatis kurang besar efeknya, tapi cukup membantu saat darurat.

Tarik tuas rem tangan

Setelah upaya menurunkan kecepatan mesin sudah terasa membuahkan hasil, selanjutnya imbangi dengan penarikkan tuas rem tangan. Cara ini harus dilakukan setelah menurunkan kecepatan mesin. Rem tangan dapat secara spontan menghentikan laju ban. Jika ditarik secara tiba-tiba, terutama saat mobil sedang melaju kencang, mobil kamu bisa terbalik.

Penggunaan rem tangan juga lebih baik dilakukan secara bertahap, dengan menekan tombol release terlebih dahulu agar tidak ada posisi tertentu yang terkunci, kemudian tarik tuas perlahan hingga terasa gigitan rem. Lepaskan tuas rem parkir sejenak dan kombinasikan dengan posisi menurunkan tuas transmisi. Anda dapat menarik kembali rem tangan untuk membantu menghentikan laju mobil sepenuhnya.

Jangan matikan mesin

Beberapa orang panik dan mematikan mesin ketika mengetahui rem blong. Padahal, hal ini justru dapat mempersulit pengemudi ketika mengendalikan kecepatan mobil, terutama untuk mobil dengan power steering yang membuat kemudi menjadi berat dan mematikan sensor-sensor mobil.

Jauhkan kaki dari pedal gas

Pastikan kaki kamu jauh dari pedal agar terhindar dari ketidak sengajaan menginjak pedal gas.

Tekan pedal rem berulang

Coba menekan pedal rem mobil berulang kali. Karena ada kemungkinan rem blong hanya terjadi sementara karena kesalahan pada sistem. Namun, jika rem sudah kembali berfungsi, segera tepikan mobil dan periksa kondisi rem. Jangan paksakan mobil untuk dikemudikan lagi untuk menghindari kejadian serupa.

Cari jalur penyelamatan

Sambil melakukan langkah-langkah diatas, kamu tetap harus memperhitungkan jalur-jalur yang memungkinkan agar mobil Anda dapat menepi. Maka dari itu, sesekali menengok spion kiri kanan dan nyalakan lampu darurat jika sempat. Jangan pula lakukan manuver secara tiba-tiba demi keselamatan.

Belum berhasil? Benturkan!

Ini adalah opsi terakhir jika sederet usaha di atas tak juga membuahkan hasil. Usaha terakhir yang bisa dilakukan adalah membenturkan mobil ke material yang tidak terlalu keras, seperti pasir, pagar kayu, atau hal lainnya yang sekiranya tidak terlalu berbahaya untuk dibenturkan. Selain itu, pastikan sudah menurunkan kecepatan untuk mengurangi risiko cidera. Setelah menepi dengan sempurna, segera nyalakan lampu darurat dan tarik rem tangan.

Sumber gambar: ridetime

  • Featured Article
  • rem mobil
  • rem blong
  • rem
  • service rem mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2014
Manual

145 juta

PADANG

2015
Manual

125 juta

JAKARTA UTARA

2013
Manual

128 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More