Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Ferrari Purosangue

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 September 2023

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Ferrari Purosangue

momobil.id – Agen pemegang merek Ferrari di Indonesia, PT Eurokars Prima Utama resmi menghadirkan Ferrari Purosangue untuk pasar Tanah Air. Lantas, bagaimana spesifikasi dari Ferrari Purosangue yang baru hadir di Indonesia?

Mengenal Ferrari Purosangue

Purosangue merupakan mobil berkonfigurasi empat pintu pertama Ferrari. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 dan bersaing langsung dengan SUV performa tinggi seperti Aston Martin DBX dan Lamborghini Urus.

Nama dari Purosangue sendiri memiliki arti “Thoroughbred” atau indukan paling murni. Lewat SUV ini, Ferrari ingin menunjukkan bahwa meskipun Purosangue memiliki bodi yang belum pernah dibuat sebelumnya, mobil ini mampu memegang dan membawa identitas kuat dari Ferrari.

Desain Eksterior

Ferrari Purosangue
Ferrari Purosangue

Ferrari Purosangue tampil dengan desain yang mengutamakan aerodinamika. Mobil ini menggabungkan ciri khas dari mobil Ferrari dengan fungsionalitas sebuah SUV. Bagian depan dari Ferrari Purosangue didominasi oleh ventilasi yang menjalar hingga bagian samping. Sementara lampu utama menggunakan desain dengan bentuk pipih.

Berlanjut ke bagian samping, siluet dari Purosangue terlihat mirip dengan Ferrari FF. Salah satu hal yang menarik adalah door handles yang diposisikan di bawah jendela, sehingga pintu mobil terlihat seamless. Pintu mobil memiliki mekanisme dengan sebutan “welcome door” sehingga akses kabin menjadi lebih mudah.

Beralih ke bagian bawah, Purosangue menggunakan velg berukuran 22 inci pada bagian depan dan 23 inci di belakang. Velg dibalut dengan ban Michelin Pilot Street XX berukuran 255/35 di depan dan 315/50 di belakang.

Sementara bagian belakang dibekali dengan empat buah lampu kecil yang terlihat menyatu dengan garis melintang. Mobil ini juga hadir dengan spoiler dan diffuser berukuran besar. Spoiler tidak hanya dirancang untuk aerodinamika, namun dapat berfungsi sebagai penyapu air dan debu pada bagian kaca belakang.

Secara dimensi Ferrari Purosangue memiliki panjang 4.973 mm, lebar 2.028 mm, tinggi 1.589 mm, dan jarak sumbu roda 3.018 mm.

Baca Juga: Ferrari KC23, Mobil Spesial Hanya 1 Unit di Dunia

Interior dan Fitur

Interior Ferrari Purosangue
Interior Ferrari Purosangue

Masuk ke bagian dalam, penumpang disambut dengan interior mewah dan modern. Purosangue hadir dengan model double cokcpit. Selain pengemudi, penumpang juga mendapatkan layar sentuh berukuran 10 inci yang berfungsi untuk informasi kendaraan dan hiburan.

Ferrari Purosangue memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2. Kabin dari SUV Ferrari ini cukup lapang, sehingga mampu menampung 4 orang dewasa. Jok bagian depan dan belakang menggunakan bucket seat dengan material premium.

Beralih ke bagian belakang, kabin memberikan kepraktisan bagi penumpang. Ferrari menyematkan beberapa panel pengaturan dan tempat penyimpanan. Selain itu, Ferrari juga memberikan opsi panoramic roof untuk bagian interior dan atap carbon sebagai standar.

Spesifikasi Mesin dan Suspensi

Ferrari Purosangue hadir dengan mesin V12 naturally-aspirated berkapasitas 6.496 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 715 hp pada 7.750 RPM dan torsi 716 Nm pada 6.250 RPM. Tenaga disalurkan lewat transmisi dual clutch F1 8-percepatan.

Ferrari mengklaim bahwa Purosangue mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,3 detik dengan kecepatan 310 km/jam. Selain itu, mesin ini juga mampu mengeluarkan 80% dari tenaga torsinya saat berada di putaran rendah.

Mesin yang bertenaga dilengkapi dengan Ferrari Active Suspension Technology yang membuat mobil SUV ini tidak limbung saat dipakai bermanuver. Distribusi bobot dari Ferrari Purosangue hampi sempurna dengan perbandingan 49:51 pada bagian depan-belakang. Dengan demikian, Ferrari Purosangue memiliki handling yang lebih cekatan.

Harga Ferrari Purosangue

Soal harga, Ferrari Indonesia enggan menyebutkan harga dari Purosangue karena mobil SUV ini dibuat sesuai dengan pesanan. Sebagai gambaran di Eropa, Purosangue dijual seharga 390.000 Euro atau setara dengan Rp5,5 miliar.

Pembeli dari Ferrari empat pintu tersebut juga nampaknya harus bersabar, sebab masa inden bisa tembus 2 tahun. Hal ini dikarenakan jumlah produksi dari SUV Purosangue memang dibatasi oleh Ferrari. Perlu diketahui bahwa produksi Ferrari Purosangue hanya sekitar 3.000 unit per tahun di seluruh dunia dan diproduksi di pabrik Ferrari Maranello, Italia.

mobil terkait

Rp 225.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 132.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 95.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 210.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 614.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas