Rolls-Royce Kembangkan Pesawat Listrik Bernama ionBird

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 October 2020

Rolls-Royce Kembangkan Pesawat Listrik Bernama ionBird

momobil.id – Tak hanya motor maupun mobil yang bisa digerakkan menggunakan tenaga listrik. Pesawat pun bisa memanfaatkan tenaga listrik agar bisa terbang. Rolls-Royce belum lama ini membuat pesawat bertenaga listrik bernama ionBird.

Pesawat listrik Rolls-Royce ini memiliki daya maksimal 500 dk dan bisa melesat hingga 480 km/jam. Seperti dilansir Detik.com, saat ini rekor kecepatan dunia untuk pesawat bertenaga listrik dipegang oleh Extra 330LE yang kecepatan puncaknya sekitar 342,9 km/jam. Tapi itu akan segera ditantang oleh pesawat listrik baru yang dibuat khusus yang dirancang dan dibangun oleh Rolls-Royce ini.

Pesawat Rolls-Royce ini belum diterbangkan secara resmi. Tapi, baru-baru ini Rolls-Royce melakukan tahap pengujian di darat. Hasilnya, pesawat bernama ionBird berhasil melalui pengujian di darat.

Pesawat Rolls-Royce belum terbang bukan karena kemampuan kecepatannya, melainkan daya jangkaunya di udara. Pesawat ionBird ini hanya bisa terbang sejauh 320 km. Meski begitu, angka itu sudah lebih baik daripada pesawat listrik saat ini.

Baca juga: Perlukah Menggeber Gas Mobil Sebelum Mematikan Mesin?

Pesawat listrik Extra 330LE, misalnya, hanya dapat melayang selama 20 menit dalam satu waktu, jadi jangkauannya jauh lebih kecil.

Pesaing Rolls-Royce ionBird itu merupakan versi konversi dari pesawat aerobatik bermesin bakar era 1980-an EA-300. Versi listriknya menampilkan motor SP260D dari Siemens, yang output daya maksimalnya mencapai 348 horsepower, sementara torsi puncak mencapai 1.000 Nm.


Kembali ke atas