Rolls-Royce Phantom V Rakitan 1961 Diubah Jadi Mobil Listrik

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 11 September 2020

Rolls-Royce Phantom V Rakitan 1961 Diubah Jadi Mobil Listrik

momobil.id – Mobil listrik tak melulu harus mobil baru. Mobil lawas dan langka juga bisa menjadi mobil listrik. Seperti Rolls-Royce Phantom V rakitan 1961 yang sebelumnya menggunakan powertrain dan drivetrain berbahan bakar fosil, menjadi mobil bertenaga baterai.

Transformasi ubahan pada Rolls-Royce Phantom V 1961 ini dilakukan oleh Bespoke Shop Lunaz. Proyek ini merupakan proyek restorasi drivetrain electric vehicle (EV) pertama yang dikerjakan oleh perusahaan yang berbasis di Silverstone, Inggris tersebut.

Phantom V punya modal untuk naik kelas. Dengan panjang 6 meter dan bobot 2,5 ton, Phantom V memang terlihat bongsor. Menyandang mesin standar V8 6.25 liter yang menghasilkan 183 hp. Nah, jantung pacu bensin itu dicabut oleh Lunaz, diganti dengan powertrain listrik dengan kemampuan lebih besar.

Disebutkan motor listrik baru mengeluarkan tenaga 375 hp dan torsi puncak 700 Nm. Kenaikan tenaga itu juga dihasilkan oleh baterai berkapasitas 120 KwH yang mampu menempuh jarak 480 km dalam satu kali charging full.

Bukan pekerjaan mudah bagi Lunaz untuk melakukan transformasi ini. Untuk mengubah mobil klasik ini menjadi mobil listrik, Rolls-Royce Phantom ditelanjangi terlebih dulu tinggal menjadi rangka baja saja. Setelah itu, Lunaz melakukan scan 3D pada cangkang mobil. Baru kemudian mobil direstorasi mendekati spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan, yang diteruskan dengan langkah-langkah konversi lainnya.

Lunaz mengakui yang agak sulit dalam pengerjaan restorasi ini adalah mengerjakan detailing mobil dari mulai skema warna sampai jahitan kursi. Bahkan harus mengerjakan refinishing ornamen kayu agar sesuai dengan orisinilnya. Setiap sudut kendaraan benar-benar diperhitungkan secara matang dan direfleksikan ke dalam detail gambar sehingga tidak ada bagian maupun ruang yang terbuang.

Pasalnya, Lunaz harus melengkapi kendaraan yang sudah berumur 60 tahun ini dengan fitur-fitur kenyamanan modern. Lunaz memang memasangi sistem infotainment modern dan canggih. Lengkap dengan koneksi internet sehingga bisa mirroring smartphone.

Menyediakan pula layar sentuh untuk penumpang belakang sehingga bisa menikmati sajian hiburan. Terpasang pula mini bar kecil yang terintegrasi dengan tempat botol wine.

Baca juga: Toyota Luncurkan New Yaris, Ini Bagian yang Mendapat Ubahan

“Kami merasa yakin bahwa melestarikan mobil paling indah di dunia adalah rekayasa engineering yang penting bagi dunia otomotif,” ujar Technical Director dan Managing Director Lunaz, Jon Hilton. “Komitmen kami adalah mengembalikan mobil ini pada kondisi sesempurna mungkin,” sambungnya.

Lunaz mungkin bukanlah perusahaan pertama yang meretrofit drivetrain EV ke dalam Rolls-Royce klasik. Tapi bisa jadi perusahaan pertama yang melakukan hal itu dengan motif bisnis. Nah proyek retrofit yang dilakukan Lunaz ini diklaim yang paling komplit dan kesohor. Dengan sejumlah peranti aftermarket, Lunaz sukses mengubah mobil klasik itu menjadi mobil baru seperti baru keluar dari pabrik plus teknologi yang canggih.

Sumber gambar: Motorauthority


Kembali ke atas