Rutinitas Seperti Ini Menyebabkan Mobil Cepat Aus Hingga Overheat

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

27 September 2019

Rutinitas Seperti Ini Menyebabkan Mobil Cepat Aus Hingga Overheat

momobil.id – Ramainya demo yang terjadi di Jakarta belakangan ini menimbulkan kemacetan karena kendaraan terhenti akibat jalurnya dipenuhi kerumunan massa. Saat terjebak kemacetan dalam waktu yang lama, pengemudi akan mulai merasa stres seiring terkurasnya energi selama perjalanan.

Namun selain pengemudi, kendaraan yang dikemudikan pun bisa juga merasa stres. Loh, kok bisa? Seperti dilansir Liputan6, mobil akan berjalan secara stop and go secara berulang kali. Akibatnya, mesin mobil yang dipaksa bekerja terus-menerus dapat menyebabkan mobil stres dan menimbulkan keausan.

Selain mobil menjadi aus, sirkulasi udara di mobil pun tidak bekerja maksimal. Jika sudah begitu, suhu akan meningkat lebih cepat dari biasanya. Terutama bagi yang memiliki mobil dengan mesin kecil. Jika aktivitas seperti ini menjadi rutinitas, hal tersebut bisa menjadi awal kerusakan pada mesin mobil. Semakin lama, mesin mobil bisa overheat.

Kemacetan yang terjadi kala terjadi peristiwa demo seperti di Jakarta memang tidak bisa dihindari, sehingga mesin mobil yang stres pun juga tidak dapat dihindari. Karena itu, solusinya yakni rutin melakukan perawatan berkala. Saat melakukan perawatan berkala, berikut tujuh komponen yang harus dirawat dan diperhatikan, seperti dilansir laman resmi Daihatsu.

Oli mesin

Oli berfungsi untuk melumasi bagian mesin dan menjaganya agar suhu yang dihasilkan tidak terlalu panas sehingga dapat bekerja dengan baik. Selain itu, pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, dan antikarat.

Busi

Busi berfungsi untuk memantik api agar pembakaran dalam mesin mobil dapat berjalan. Busi yang sudah kotor disarankan untuk segera diganti.

Kanvas rem

Fungsi pengereman tidak bisa dipandang enteng. Penggunaan mobil sehari-hari ditambah kondisi berkendara di kota yang sering memaksa mobil berjalan secara stop and go membuat kanvas rem bekerja keras. Karena itu, kanvas rem merupakan salah satu komponen yang berisiko rusak jika dibawa bermacet-macetan dalam waktu yang lama. Karena rem memiliki fungsi yang sangat penting bagi mobil, maka pemeriksaan berkala harus dilakukan.

Kanvas kopling

Kanvas kopling berfungsi untuk membantu mengirimkan tenaga mesin ke roda. Kondisi jalan yang macet juga dapat membuat kanvas kopling cepat habis. Jika tidak diperhatikan, akan berisiko pada kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Aki

Tidak kalah penting, pasokan listrik dari aki akan membuat mobil bekerja sebagaimana mestinya. Jika sudah lama dipakai, biasanya akan timbul masalah-masalah kelistrikan. Karena itu dalam perawatan berkala, komponen ini termasuk salah satu yang wajib diperiksa.

Filter

Usia pakai filter relatif rendah. Padahal filter berfungsi menjaga kualitas bahan yang digunakan sesuai standar dan berjalan sesuai fungsinya. Filter yang kerap diganti ketika perawatan berkala seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC.

Sumber gambar: Daily JSTOR

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas