Salip Mobil Diesel, Penjualan Mobil Listrik di Eropa Melonjak Sepanjang September 2020

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 5 November 2020

Salip Mobil Diesel, Penjualan Mobil Listrik di Eropa Melonjak Sepanjang September 2020

momobil.id – Perkembangan mobil listrik yang semakin menjamur, perlahan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan mobil listrik. Tak heran jika tren penjualan mobil listrik terus meningkat.

Baru-baru ini perusahaan riset otomotif, JATO Dynamics, membeberkan bahwa jumlah mobil listrik yang terpesan di Eropa selama bulan September lebih besar dibandingkan jumlah mobil diesel.

Pergeseran tren ke mobil listrik ini bisa dilihat dari data penjualan mobil baru di Eropa yang dihimpun oleh media otomotif Auto Express. Di bulan September 2020, sebanyak 1,3 juta unit mobil baru terjual di Benua Biru. Dari angka tersebut, mobil listrik terjual sebanyak 327.000 unit. Sedangkan mobil diesel terjual di angka 322.400 unit dan sisanya adalah mobil bermesin bensin.

Meningkatnya penjualan mobil listrik juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah regional dan nasional mengenai emisi karbon. Isu polusi juga menjadi faktor utama dalam memilih kendaraan bagi para konsumen untuk menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Namun, tren positif penjualan mobil listrik ini tak bisa konsisten jika tidak dibarengi dengan peningkatan infrastuktur pendukung. Saat ini jumlah mobil listrik yang beredar tidak sebanding dengan jumlah sarana pengisian ulang daya atau charging station yang disediakan.

Ilustrasi mobil listrik

Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA), berupaya mendesak komisi Eropa untuk mempercepat tinjauan Uni Eropa tentang pembangunan infrastruktur pengisian ulang daya. Harapannya agar jumlah sarana pengisian ulang daya bisa mengimbangi jumlah mobil listrik yang beredar.

Baca juga: Mengenal Sejarah, Cara Kerja, dan Jenis Mobil Hybrid

 “Dana yang ada bertujuan untuk meningkatkan penyebaran infrasturktur pengisian di seluruh Uni Eropa dan meningkatkan jumlah stasiun pengisian,” terang juru bicara Komisi Bebas Emisi Eropa.

Jika peningkatan infrastruktur pengisian ulang daya untuk mobil listrik ini mampu direalisasikan, maka sudah dapat dipastikan penjualan mobil listrik akan semakin meningkat.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas