Seal Filter Oli Sebaiknya Dilumasi Sebelum Dipasang, Ini Alasannya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 May 2020

Seal Filter Oli Sebaiknya Dilumasi Sebelum Dipasang, Ini Alasannya

momobil.id – Idealnya, setiap ganti oli mesin mobil maka sebaiknya juga mengganti filter oli mesin. Saat mengganti filter oli mesin, ada hal unik yang biasanya dilakukan mekanik seperti melumasi seal filter oli mesin baru dengan sedikit oli mesin sebelum dipasang.

Seperti diketahui, filter oli mesin berfungsi untuk menyaring endapan kotoran yang ikut bersama oli mesin untuk dialisi melumasi komponen di dalam mesin. Dengan mengganti filter oli mesin secara rutin, maka kotoran tidak akan menumpuk yang menyebabkan filter oli tersumbat dan penyaringan kotoran tidak maksimal.

Kembali ke alasan mengapa seal filter oli mesin baru biasanya diolesi sedikit dengan oli mesin, hal ini karena seal yang kering dan tidak diberikan oli akan membuatnya mudah terlipat bahkan keluar dari jalur dudukan seal oli mesin itu sendiri.

Hal tersebut terjadi karena seal terbuat dari karet kesat sehingga kemungkinan seal terlipat bahkan keluar dari dudukannya saat dipasang sangat mungkin terjadi. Berbeda jika seal diberikan sedikit oli, yang saat dipasang tidak akan kesat dan terhindar dari seal yang terlipat.

Baca juga: Lakukan Tiga Hal Ini agar Kinerja Shockbreaker Tetap Optimal

Oli akan membuat permukaan seal karet dan blok mesin menjadi licin. Pengencangan bisa sempurna dan terhindar dari oli mesin yang bocor karena seal filter oli yang bermasalah.

“Benar, biasanya saya sebelum pasang filter oli baru, bagian seal diberi sedikit oli. Oli mesin yang diberikan ke bagian seal hanya diolesi saja,” ujar Harry selaku Kepala Mekanik bengkel Auto Clinic seperti dilansir GridOto.


Kembali ke atas