Sebagai Varian Terendah, Apa Saja Fitur di Suzuki Ertiga GA MT?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 November 2020

Sebagai Varian Terendah, Apa Saja Fitur di Suzuki Ertiga GA MT?

momobil.id – Suzuki Ertiga merupakan model yang rutin mendapatkan penyegaran di Indonesia. Pada awal 2020 lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat mengungkapkan pihaknya rutin melakukan penyegaran pada Ertiga lantaran ketatnya kompetisi di Indonesia pada segmen MPV.

Suzuki Ertiga memang patut dipertimbangkan dalam segmen low MPV. Di luar Ertiga Sport, Ertiga memiliki lima varian yang bisa dipilih. Hal menarik dari deretan varian tersebut yakni rentang harga yang cukup jauh antara varian GA MT dengan GL MT yang setingkat di atasnya.

Hingga November 2020, Ertiga varian GA MT dibanderol Rp205 juta. Sementara varian GL MT berbanderol Rp224,5 juta. Artinya, ada selisih Rp19,5 juta antara kedua varian tersebut. Meski sebagai varian terendah, fitur yang disematkan pada varian GA MT ternyata cukup lumayan.

Secara tampilan, sekilas varian GA MT sama dengan varian di atasnya. Hanya saja ada beberapa komponen yang tak disematkan, seperti minus foglamp. Tentu saja ini untuk mengompensasi harga jual, sehingga bisa jadi lebih murah.

Pada bagian eksterior, varian GA MT menggunakan lampu utama projector halogen, grille hitam doff, velg kaleng ukurang 15 inci ban 185/65, dan cover spion berwarna hitam yang tak terintegrasi dengan lampu sein.

Seperti dilansir kumparan, bagian interiornya pun sederhana. Namun tak mengorbankan kenyamanan. Berbeda dengan varian di atasnya, GA tak tersemat head unit. Meski begitu sudah tersedia speaker, sekiranya sang pemilik nantinya mau menyematkan head unit, sebagai hiburan. Pengatur AC juga masih manual putar.

Sedangkan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan, berikut daftar fitur di Ertiga tipe GA MT.

1. Dual SRS Airbag
2. Anti Lock Braking System (ABS)
3. Electronic Brake-Force Distribution (EBD)
4. Tilt Steering
5. Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
6. Pengingat Pintu Terbuka
7. Child Safety Lock
8. ISOFIX
9. Parking Sensors

Baca juga: Tertarik Meminang Suzuki Ignis? Segini Biaya Perawatannya

Adapun pada dapur pacunya, mobil ini berbekal mesin K15B DOHC VVT berkubikasi 1.462 cc. Menjanjikan tenaga 102 dk di putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum 138 Nm yang dicapai pada putaran 4.400 rpm. Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi manual 5-percepatan. Sebagai tambahan, tangki bensinnya sanggup menenggak 45 liter bahan bakar.


Kembali ke atas