Mobil Habis Terobos Banjir Baiknya Langsung Dicuci, Tujuannya Supaya…

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 31 January 2024

Mobil Habis Terobos Banjir Baiknya Langsung Dicuci, Tujuannya Supaya…

momobil.id – Bila mobil baru saja digunakan menerobos banjir, maka ada baiknya langsung dicuci ke tempat cuci mobil atau mencucinya sendiri di rumah. Apa alasannya?

Tujuan cuci mobil usai menerabas banjir sebenarnya ada hubungannya dengan tindakan mencegah terjadinya kerusakan. Mobil sangat disarankan segera dicuci menyeluruh usai melewati banjir guna menghindari terjadinya korosi.

Terutama bagian kolong mobil yang bersentuhan langsung dengan banjir. Tujuan mencuci bagian kolong ini juga untuk memastikan tak ada sampah yang tersangkut atau kotoran lain yang mungkin menempel.

Saran ini berlaku untuk mobil yang melewati bajir dengan ketinggian batas aman. Perlu diketahui, batas aman mobil dapat melewati genangan air atau banjir yakni 30 cm di bawah air intake (saluran udara).

Lantaran tak semua mobil memiliki posisi air intake yang sama, pemilik kendaraan perlu mengetahui di mana letak air intake mobilnya. Bila dikira-kira, mobil masih aman melintas jika genangan air masih di bawah body kendaraan.

Karena bila sudah sejajar dengan mesin, itu sudah berbahaya. Air akan masuk ke dalam filter udara dan masuk ke ruang mesin sehingga dapat menimbulkan water hammer yang menyebabkan piston bengkok.

Batas aman lainnya ketika melewati genangan air adalah sejajar dengan sumbu roda. Jika sampai melebihi sumbu roda, dikhawatirkan ECU dan sistem kelistrikan mobil terkena air hingga menyebabkan korslet.

Baca juga: Cara Menangani Mobil Mogok Akibat Terendam Banjir

Adapun bila memaksa memacu mobil menerobos bajir yang cukup tinggi, bisa mengakibatkan mobil mogok. Biaya perbaikan mobil akibat banjir pun bervariasi.

Di bengkel tertentu, ada yang mengklasifikasikannya dalam tiga level yakni banjir setengah ban yang merupakan level satu dan air belum masuk ke interior. Sedangkan level dua air sudah masuk ke interior dan merendam karpet hingga jok basah.

Sedangkan level tiga, merupakan level paling tinggi karena ada potensi kerusakan paling parah akibat water hammer. Efek water hammer ini bisa mengakibatkan setang piston patah dan menyebabkan baret pada dinding silinder.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas