Sebaiknya Jangan Ditunda, Daftar Suku Cadang Ini Perlu Rutin Diganti

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 November 2020

Sebaiknya Jangan Ditunda, Daftar Suku Cadang Ini Perlu Rutin Diganti

momobil.id – Seiring pemakaian, suku cadang mobil juga perlu diganti agar performa mobil bisa tetap maksimal. Namun masih ada pemilik mobil yang jarang melakukannya sehingga perawatan mobil tidak maksimal.

Beberapa pemilik mobil hanya melakukan service rutin, mengganti rem dan mengisi aki. Padahal, untuk menjaga kondisi mobil dalam keadaan prima, perlu memperhatikan onderdil-onderdil yang lain.

Lantas, apa saja suku cadang mobil yang sering diganti? Berikut deretan suku cadang mobil yang wajib sering diganti seperti dilansir Sindonews.

Filter oli dan oli mesin

Kedua onderdil ini memiliki masa pakai yang relatif sangat singkat karena beban kerjanya tergolong berat. Terlebih lagi bagi mobil yang sering dipakai sehari-hari dan melakukan perjalanan jauh.

Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen. Sementara itu, filter oli berfungsi sebagai penyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin, sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian.

Pabrikan mobil menganjurkan agar mobil baru segera mengganti oli mesin di 1.000 KM pertama. Kemudian filter oli dan oli mesin diganti secara rutin setiap 10.000 kilometer.

Busi

Busi adalah sparepart yang berukuran kecil, namun berpengaruh besar terhadap kinerja mobil. Fungsi busi yaitu memantik api untuk menciptakan pembakaran di ruang mesin. Ketika busi bermasalah ini mengakibatkan pembakaran di ruang mesin menjadi kurang optimal dan konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

Setiap pemakaian 20.000 kilometer dianjurkan mengganti busi baru. Sehingga pembakaran lebih sempurna dan mobil berjalan dengan nyaman.

Filter udara

Memang betul, bagian filter udara dibersihkan ketika service rutin dan bisa dilakukan perawatan mandiri secara berkala. Tetapi penting diingat bahwa filter udara mempunyai batas usia dan perlu diganti.

Membersihkan filter udara secara rutin bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Karena fungsinya adalah menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Ketika kotor ini akan menghambat pasokan udara ke ruang bakar.

Secara umum, penggantian filter udara sebaiknya dilakukan setiap 40.000 kilometer. Lalu dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

Kanvas rem

Kalau onderdil satu ini pasti sudah banyak yang mengetahui memang harus sering diganti. Idealnya, kanvas rem diganti pada jarak tempuh 50.000-105.000 kilometer.

Sekitar pemakaian 3 tahun dan tidak boleh lebih dari 5 tahun. Sebagai salah satu suku cadang mobil yang sering diganti, Anda perlu memerhatikan sudah berapa lama pemakaian kanvas rem. Mobil yang memiliki bodi kecil lebih awet kanvas rem dibandingkan mobil berbodi besar.

Ban mobil

Sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk mengganti ban mobil karena pemakaian setiap orang berbeda-beda. Segera ganti ban Anda apabila dirasa sudah aus dan licin ketika digunakan.

Aki mobil

Aki mobil adalah onderdil yang menjadi sumber listrik agar komponen lain bisa berfungsi dengan baik. Secara umum, aki mobil diganti secara rutin setiap 2-3 tahun sekali.

Karet wiper

Karet wiper berguna sebagai penyapu atau pengering air yang menempel di kaca mobil. Kerja karet wiper sangat dibutuhkan untuk berkendara di musim hujan agar pandangan tetap terlihat dengan jelas. Sparepart ini perlu diganti setiap 2 tahun sekali.

Baca juga: Mengenal Berbagai Komponen Penting pada Mesin Mobil

Jadi, coba cek buku service berkala kendaraan Anda. Kira-kira apakah ada yang harus diganti sedari sekarang atau memang belum waktunya diganti.


Kembali ke atas