Sebelum Berkendara di Malam Hari, Siapkan Dulu Hal Berikut

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 6 December 2020

Sebelum Berkendara di Malam Hari, Siapkan Dulu Hal Berikut

momobil.id – Ketika momen libur panjang tiba, beberapa orang ada yang memilih berlibur dengan bepergian ke luar kota. Ada yang memilih berangkat pada pagi atau siang hari, ada juga yang baru berangkat pada malam hari. Bagi masyarakat Indonesia yang memilih berkendara saat malam hari, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan tetap aman.

Berkendara pada malam hari bukan tidak boleh dilakukan, namun pengemudi perlu mengetahui beberapa tips ketika memutuskan mengemudi mobil saat langit sudah gelap. Misalnya, pengendara wajib mengurangi laju kendaraan, apalagi saat melintas ke luar kota dengan cahaya yang kurang dan hanya mengandalkan lampu depan saja.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Cat Mobil Berwarna Hitam

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin berkendara saat malam hari, ada beberapa tips dari Toyota Astra supaya perjalanan tetap aman.

Persiapan mobil

Pastikan mobil selalu ready buat melakukan perjalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan mesin mobil, rem, ban-ban termasuk ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, harus dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Selanjutnya yang kerap dilupakan ialah membersihkan kaca-kaca mobil baik luar maupun dalam.

Ketepatan arah lampu depan

Pastikan lampu depan arahnya tepat agar tak membuat silau pengendara lain. Kondisikan lampu depan agar sorot lampunya menyorot ke bagian jalan dan tidak terlalu ke atas yang bisa membuat silau pengendara lain.

Hindari rokok dan alkohol

Usahakan jangan merokok di mobil. Karena asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat, tidak terpengaruh oleh obat-obatan, alkohol, dan sejenisnya.

Gunakan lampu jauh jika perlu

Jika ragu ada “sesuatu” di depan saat mobil kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh tak hanya membantu pengemudi melihat lebih jelas, namun juga membuat pengendara lain menyadari ada kendaraan di belakangnya.

Jaga jarak

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak dengan mobil lain. Lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang. Hal ini sebagai persiapan jika terjadi pengereman mendadak.

Jangan sembarangan menyalakan lampu jauh

Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa bikin silau pengemudi di depan. Dan juga jangan pasang lampu jauh saat kita di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan kita bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.

Saat parkir mobil

Hindari parkir ditempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang. Jangan meninggalkan barang berharga, atau barang2 yang bisa terlihat dari luar kaca. Periksa dengan seksama dan pastikan mobil terkunci aman sebelum meninggalkan mobil. Periksa juga jok belakang sebelum masuk mobil untuk berjaga-jaga.


Kembali ke atas