Sebelum Jualan Mobil, Dulunya Mazda Pernah Menjual Produk Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 November 2020

Sebelum Jualan Mobil, Dulunya Mazda Pernah Menjual Produk Ini

momobil.id – Jika mendengar nama Mazda, hal pertama yang terbayang adalah produsen otomotif asal Jepang yang memproduksi berbagai model mobil. Namun sebelum dikenal sebagai salah satu produsen otomotif ternama, Mazda memiliki sejarah yang cukup panjang termasuk terkait produk yang mereka produksi.

Meski saat ini dikenal sebagai produsen otomotif, awal mula sejarah Mazda justru bukan dimulai dari menjual mobil. Mazda memulai bisnisnya sebagai produsen tutup botol anggur. Cerita ini dimulai dari tahun 1920 dimana bisnis mereka berawal dari produsen gabus.

“Perusahaannya disebut dengan nama Toyo Cork Kogyo Co. Ltd.. Jujiro Matsuda pendiri Toyo Cork Kogyo kemudian dilantik sebagai presiden,” cerita PR Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Fedy Dwi Parileksono, melalui webinar seperti dilansir Medcom.id.

Di dalam perjalanan hidup Jujiro Matsuda selanjutnya, dialah yang akhirnya melahirkan sejumlah mobil Mazda. Sedangkan kendaraan pertama yang dibuat adalah Mazda Go.

Kendaraan ini bukanlah sebuah mobil, melainkan sepeda motor roda tiga. Kendaraan komersial ini mirip dengan kendaraan roda tiga yang banyak digunakan sekarang ini dengan bak angkut di belakang.

“Kita ketahui 1945 ada peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki. Go turut membantu memulihkan kembali kota Hiroshima,” sebut Fedy.

Uniknya, dalam memasarkan Go ke seluruh penjuru Jepang saat itu dibantu pemasarannya oleh Mitsubishi. Sedangkan produksinya dipegang sendiri.

Baru pada tahun 1960 mulai memproduksi mobil pertama yakni R360 Coupe. Selanjutnya terus lahir sejumlah model lainnya, dengan ciri khas menggunakan mesin model rotary.

Baca juga: Supaya Lebih Awet, Simak Tips Merawat Aki Mobil

“Merek ini identik dengan mesin rotary. Semua itu dilakukan 1967 dengan memperkenalkan 110S Mazda Cosmo Sport. 10A engine kode 0810. Saat itu bisa mencapai 110 daya kuda @ 7.000 rpm dan torsinya lumayan besar,” kata Fedy.

Setelahnya sudah bisa ditebak lahirlah sejumlah model legendaris seperti sportcar RX-7 atau roadster legendaris MX-5 yang hingga sekarang ini masih diproduksi. Bahkan hingga sekarang ini sudah banyak mobil-mobil yang dilahirkan dan pengembangan terus dilakukan, hingga di tahun 2020 ini mencapai usia ke-100 tahun.


Kembali ke atas