Sebelum Menjual Mobil Lakukan Perhitungan Berikut Ini!

Ditulis oleh : admin | 14 February 2017

Sebelum Menjual Mobil Lakukan Perhitungan Berikut Ini!

Saat hendak membeli mobil–baik baru maupun bekas–Anda harus mempertimbangkannya secara matang. Tujuannya agar Anda tidak mengalami kerugian kelak kemudian hari. Hal ini dikarenakan beberapa mobil biasanya mengalami depresiasi harga ketika berjalan kurang lebih lima tahun.

Tidak menutup kemungkinan–lima tahun mendatang–Anda akan menjual mobil yang Anda miliki sekarang. Untuk itu, pertimbangan yang matang sebelum membeli berlaku ketika Anda hendak menjual kembali mobil yang Anda beli. Agar Anda tidak mengalami kerugian ketika menjual mobil, berikut perhitungan yang dapat Anda lakukan. Yuk simak perhitungannya!

Rata-rata Depresiasi Harga 40 Persen Dari Biaya Pengeluaran Anda Selama 5 Tahun

Menjadi pembeli yang cerdas hukumnya wajib bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa mobil bekas pun dapat memberikan keuntungan ketika Anda hendak menjualnya kembali. Perhitungan agar Anda masih tetap untung saat menjual mobil bekas adalah biaya rata-rata perawatan mobil yang Anda keluarkan selama lima tahun. Biasanya, rata-rata biaya yang Anda keluarkan untuk perawatan mobil kurang lebih sekitar 40 persen dari depresiasi harga selama 5 tahun. Rincian kisaran tersebut terdiri dari, biaya rutin untuk BBM sekitar 25 persen, biaya asuransi 10 persen, dan biaya perawatan atau perbaikan–termasuk pajak kendaraan–sekitar 5 persen.

Mobil Sub-Compact, Salah Satu Jenis Mobil Dengan Nilai Depresiasi Yang Rendah

jual mobil bekas
Source: Mirror UK

Perhitungan rata-rata depresiasi harga mobil berdasarkan beberapa biaya: bahan bakar rutin, biaya asuransi, biaya perawatan dan perbaikan, serta biaya pajak kendaraan dapat mempengaruhi harga jual mobil itu sendiri. Untuk meminimalisir kerugian saat hendak menjual mobil, salah satu jenis mobil yang memiliki nilai depresiasi yang rendah adalah jenis mobil sub-compact, atau yang familiar dengan tipe hatchback atau city car. Mobil dengan depresiasi harga yang rendah ini kemungkinan bisa memberikan keuntungan ketika Anda hendak menjualnya kembali. Sebut saja–beberapa mobil seperti–Toyota Yaris, Honda Jazz, bahkan Nissan March termasuk sebagian mobil yang memiliki nilai depresiasi yang rendah.

Perhitungan Depresiasi Harga Untuk Mobil Sub-Compact

Ketika mobil memiliki masa pemakaian selama lima tahun, mobil tersebut akan mengalami depresiasi atau penurunan harga. Biasanya, rentang nilai depresiasi harga pada mobil jenis city car di bawah–sekitar–Rp 390 juta untuk lima tahun pemakaian. Artinya, depresiasi harga mobill jenis hatchback atau city car setiap bulannya sebesar Rp 6,5 juta. Nominal yang cukup rendah untuk depresiasi harga sebuah mobil dalam jangka waktu 5 tahun.

Baca Juga : 4 Cara Memilih Mobil Bekas yang Bagus

Terkadang, beberapa orang seringkali mengalami kerugian ketika hendak menjual mobilnya kembali. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda masih bisa mendapat keuntungan ketika akan menjual mobil dalam jangka waktu 5 tahun pemakaian. Untuk itu, pertimbangan hitungan depresiasi harga perlu Anda lakukan secara bijak ketika Anda hendak membeli mobil bekas. Jika Anda berminat menjual mobil bekas, jual saja di Momobil!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas