Sebelum Menyalakan Pendingin Udara, Perlukah Memanaskan Mesin Mobil?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

29 Nov 2019

momobil.id - Sebelum berkendara, pengemudi biasanya tak langsung menyalakan pendingin udara dan memanaskan mesin mobil terlebih dahulu dengan mendiamkan kendaraan dalam keadaan menyala selama beberapa menit. Bahkan, beberapa orang melakukannya sambil memainkan pedal gas dengan anggapan dapat meningkatkan suhu mesin lebih cepat.

Dolf Valentino selaku Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta menjelaskan bahwa mobil-mobil terbaru kini telah dibekali bahan bakar injeksi, sehingga cara tersebut tidak perlu dilakukan. Dolf menambahkan bahwa saat ini mobil keluaran terbaru telah dilengkapi alat thermostat yang berfungsi untuk mengatur dan menjaga suhu mesin agar tetap stabil dalam kondisi kecepatan rendah maupun tinggi.

"Thermostat dapat membantu suhu mesin naik secara cepat dengan sedikit berjalan menahan aliran air pendingin saat mesin mobil sedang berputar” ujar Dolf.

Saat mesin bekerja, gesekannya akan menimbulkan panas. Rambatan panas menjadikan suhu air meningkat, thermostat akan membuka dan menutup suhu pada mesin. Cukup dibiarkan dalam satu hingga dua menit, kemudian mesin mampu mencapai suhu yang pas untuk dijalankan.

Pendapat yang sama juga dipaparkan oleh Ade Haryawan selaku Kepala Bengkel Nissan-Datsun. Memainkan pedal gas sembari memanaskan mesin tidak perlu dilakukan. Hal tersebut tidak menjadikan mesin mobil cepat panas, justru malah boros bahan bakar.

Baca Juga: Shark Fin di atap mobil bukan sekedar aksesori loh, ini fungsinya

"Mobil zaman dulu belum pakai sensor atau semacamnya, makanya sesekali perlu menginjak gas agar temperatur mesinnya siap. Jadi seperti mitos, tapi akhirnya kembali ke efisiensi juga," tambah Ade.

Kesimpulannya, memanaskan mesin mobil tidak lagi diperlukan karena mobil keluaran terbaru telah dilengkapi teknologi yang mesinnya dapat berputar menyesuaikan dengan suhu tertentu dengan sendirinya.

Sumber gambar: GTspeed

  • Auto Lifestyle (Display)
  • mesin mobil
  • mesin overheat
  • pendingin mesin mobil
  • pendingin udara

Cari Mobil

Baru
Bekas
2010
2020

Actions

Mobil yang disarankan

Rp 135,000,000

Dealer

palembang

Rp 140,000,000

Dealer

palembang

Rp 103,000,000

Individu

surabaya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More

Kembali ke atas