Sebelum Pasang Aksesori Aftermarket, Pemilik Mobil Perlu Pertimbangkan 5 Hal Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 June 2021

Sebelum Pasang Aksesori Aftermarket, Pemilik Mobil Perlu Pertimbangkan 5 Hal Ini

momobil.id – Tak jarang pemilik mobil yang kurang puas dengan tampilan standar dari pabrikan. Itu sebabnya beberapa pemilik mobil kemudian memodifikasi mobilnya dengan aksesori mobil aftermarket.

Memodifikasi mobil dengan aksesori aftermarket sebenarnya sah-sah saja. Namun pemilik mobil juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan memasang sebuah aksesori pada kendaraan kesayangannya.

Misalnya seperti yang berkaitan dengan kelistrikan, pemilik mobil perlu memastikan aksesori yang dipasangnya tak menyebabkan korsleting pada kelistrikan mobil. Seperti dilansir detikcom yang mengutip Auto2000, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang aksesori mobil.

Pilih sesuai kebutuhan

Aksesori yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai estetika malah akan membuat tampang mobil menjadi aneh dan tidak enak dilihat. Termasuk jangan terlalu banyak memasang aksesori sehingga penampilan mobil menjadi kurang serasi dan proporsional.

Sesuaikan dengan bujet

Aksesoris bukan komponen vital pada mobil. Kamu tidak perlu memaksakan diri jika dari sisi finansial kurang mendukung. Buatlah daftar aksesoris berdasarkan prioritas, misal mendahulukan kaca film mengingat fungsinya yang penting. Atau membeli tempat sampah dan cargo net jika sering bepergian dengan membawa banyak barang bawaan bersama keluarga.

Pertimbangkan spesifikasi mobil

Memasang aksesori harus melihat kesesuaian dengan spesifikasi mobil. Jangan sampai kamu membeli aksesoris untuk mobil lain yang akhirnya tidak bisa dipasang atau membeli produk aftermarket yang berbeda dudukan dan konektornya. Paling aman tentunya adalah membeli aksesoris asli di bengkel resmi karena sudah melewati tahapan riset sebelum ditawarkan.

Baca juga: Mobil Berstatus Ready Stock, Berapa Lama Proses Pengirimannya hingga Sampai ke Garasi Rumah?

Pertimbangkan unsur keselamatan

Pastikan aksesoris tidak mengganggu dalam mengoperasikan kendaraan atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya memilih kaca film yang terlalu gelap atau memasang spoiler yang dudukannya tidak sesuai sehingga berisiko copot. Jangan pula memasang aksesoris yang mengganggu kelistrikan untuk mencegah korsleting listrik karena dapat memicu kebakaran.

Pilih bengkel terpercaya

Untuk memasang aksesoris, sebaiknya kamu memilih bengkel terpercaya seperti di bengkel resmi. Di bengkel resmi, dipastikan produk yang dijualnya asli dan dilengkapi garansi produksi. Terlebih, memasang aksesori di bengkel resmi juga tidak akan membuat garansi hangus.

mobil terkait

Rp 160.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 235.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 178.000.000

Individu

JAKARTA BARAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 270.000.000

Individu

MAKASSAR


Kembali ke atas