Sebelum Pasang Subwoofer Mobil, Perhatikan Tips Berikut

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 November 2020

Sebelum Pasang Subwoofer Mobil, Perhatikan Tips Berikut

momobil.id – Bagi yang menyukai modifikasi audio mobil, menambah komponen seperti subwoofer merupakan hal yang biasa dilakukan. Sebelum pasang subwoofer, pemilik mobil sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut jika masih menggunakan audio standar bawaan mobil.

Subwoofer sendiri berfungsi membuat bass di dalam mobil menjadi lebih padat. Jika audio yang dipakai masih bawaan mobil, maka tips sebelum pasang subwoofer adalah memilih subwoofer yang tepat.

CEO PT Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja, memberikan sejumlah saran kepada pemilik mobil yang ingin menambahkan subwoofer di dalam mobil. “Saya pribadi merekomendasikan subwoofer berdiameter 8 inci (untuk digunakan di audio standar mobil),” ungkap Wahyu Tanuwidjaja melalui webinar seperti dilansir Medcom.id.

Pemilihan ukuran 8 inci dikarenakan paling cocok untuk rata-rata audio standar yang bagus di high-range atau mid-range dengan bass yang masih lemah. Selain itu ukuran 8 inci juga banyak dipakai oleh pabrikan yang sudah melengkapi mobilnya dengan subwoofer sebagai audio standar.

Baca juga: Perlukah Menambah Aki Ketika Modifikasi Audio Mobil?

“Ukuran menentukan performa, kalau terlalu besar takutnya dentuman overpower yang menutup karakter suara vokal atau kalau terlalu kecil malah bass jadi kurang padat,” kata Wahyu.

Kemudian untuk lokasi peletakannya, Wahyu akan memilih meletakan subwoofer di sela-sela ruangan seperti di kolong jok. Posisi yang berada di kolong juga sudah cukup untuk mengisi bass ke seluruh kabin.

Selain itu, sebenarnya penggunaan kotak subwoofer bisa lebih memaksimalkan suara. “Tetapi ukuran yang cukup besar dan berada di bagasi akan menjadi masalah karena mengurangi ruang penyimpanan barang,” jelas Wahyu.

Adapun bagi yang ingin menggunakan subwoofer box, Andreas Tjahjadi selaku CEO PT Audio Plus Indonesia menyarankan ditempatkan di area bagasi dengan posisi speaker menghadap pintu bagasi.

Untuk bagian lubang port subwoofer Andreas menyarankan untuk diposisikan menghadap dinding samping bagasi mobil. Kalau lubang port berada di sebelah kiri berarti subwoofer box diletakan pada area kiri ruang bagasi, begitu juga sebaliknya bila lubang port berada di kanan.

“Yang penting lubang port dan speaker subwoofer menghadap dekat dengan bidang pantulan,” jelas Andreas seperti dilansir Otomania.

Menurut Andreas, posisi speaker dan lubang port harus dekat dengan area pantulan untuk memaksimalkan pemantulan suara yang menyebar di dalam kabin. “Kalau jarak pantulan frekuensi suara terlalu jauh suara cenderung pendam, kalah dengan suara mid-bass dan high,” kata Andreas.

Untuk beberapa kasus posisi subwoofer diletakkan secara vertikal dengan posisi lubang port menghadap ke atas untuk menghemat area ruang bagasi. “Memang tidak seoptimal posisi yang disarankan, tapi yang penting speaker tetap menghadap ke pintu bagasi untuk hasil pantulan yang optimal,” tutur Andreas.

Sumber gambar: Howstereo.com


Kembali ke atas