Sebelum Pergi Gowes, Simak Tips Memasang Rak Sepeda di Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 4 October 2020

Sebelum Pergi Gowes, Simak Tips Memasang Rak Sepeda di Mobil

momobil.id – Mobil menjadi salah satu kendaraan favorit di perkotaan setelah sepeda motor. Selain bisa membawa banyak barang, mobil juga bisa dimanfaatkan untuk membawa sepeda mengingat tren bersepeda kembali naik daun belakangan ini. Jika ingin pasang rank di mobil guna membawa sepeda, pemilik kendaraan sebaiknya perlu mengetahui beberapa tips di bawah ini.

Tak kenal umur, mulai dari anak muda sampai orang tua, kini keranjingan gowes dari satu tempat ke tempat lain. Tidak hanya di dalam kota atau di Jakarta saja, banyak yang juga bersepeda di luar kota. Namun, tidak murni gowes dari rumah sampai luar kota, tapi diangkut menggunakan mobil pribadi menuju suatu tempat dan baru bersepeda di daerah tersebut.

Jika berminat melakukan hal tersebut dan ingin pasang rak sepeda di mobil, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Seperti dilansir Liputan6.com, tips pertama yakni rak sepeda jangan sampai merusak bodi mobil. Aksesori ini memang kebanyakan dijual secara aftermarket, maka harus diperhatikan dahulu ukurannya. Jangan sampai, ketika dipasang, apakah bakal merusak bodi mobil atau tidak.

Kemudian, untuk pemasangan rak sepeda di atas mobil atau di atap, biasanya berat maksimum 75 kilogram. Paling penting adalah segi keamanan, jangan sampai lepas atau patah.

Kedua, apabila memasang rak sepeda di atas mobil, pastinya mempengaruhi berkurangnya aerodinamika mobil. Hal ini terjadi karena rak yang terpasang akan membuat bentuk mobil menjadi lebih tinggi, sehingga angin yang datang dari arah depan tidak langsung melewati mobilmu, namun tertahan di bagian atas.

Baca juga: Lebih Efisien Kelola Bahan Bakar, Honda Pamerkan CR-V PHEV

Angin yang tertahan oleh bodi mobil bisa menyebabkan kendaraan terasa jadi lebih berat. Sementara untuk mobil jenis SUV dan MPV, sebaiknya tidak menggunakam rak sepeda yang ditempatkan di atas. Sebab, posisi sepeda juga akan menjadi terlalu tinggi dan akan lebih berbahaya.

Tips terakhir jika ingin pasang rak sepeda di belakang mobil, sebaiknya pikirkan kembali posisinya. Bisa jadi, sepeda yang dibawa menutupi lampu-lampu di bagian buritan.


Kembali ke atas