Sebelum Tergiur Diskon Ban Mobil Baru, Coba Cek Dulu Kode Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 5 January 2021

Sebelum Tergiur Diskon Ban Mobil Baru, Coba Cek Dulu Kode Ini

momobil.id – Iming-iming diskon besar biasanya menjadi daya tarik yang ditawarkan ke calon konsumen yang berminat membeli ban baru untuk mobil. Namun sebelum memutuskan membeli, calon konsumen sebaiknya memperhatikan usia ban sejak tanggal diproduksi.

Usia pada ban cukup berpengaruh pada performanya saat melintas di jalanan. Karenanya, calon konsumen sebaiknya memperhatikan kode produksi pada ban meski melihat ban baru untuk mobil tersebut mendapat diskon besar. Menurut Kepala Cabang Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, idealnya sebuah ban dipakai di mobil maksimal tiga tahun.

Baca juga: Daftar Warna Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2020

“Jadi, kalau kode produksinya beli sudah lebih dari dua tahun ke belakang, sebaiknya jangan, meskipun dapat diskon harga yang sangat murah,” jelas Indah dalam acara Tanya Bengkel Auto2000, seperti dilansir kumparan.

Indah memaparkan, ban yang sudah berusia lebih dari tiga tahun akan sangat berbahaya jika terus digunakan. “Karena kalau ban sudah lebih dari tiga tahun, itu biasanya elastisitas karetnya sudah jauh berkurang. Jadi daya cengkramnya itu sudah jauh tidak maksimal,” ujarnya.

Kode Produksi Ban
Kode Produksi Ban

Adapun cara mengetahui tahun produksi ban dapat dilihat melalui kode produksi yang ada pada dinding ban. Kode tersebut, biasanya terdiri dari 4 angka. Pada 2 angka pertama menandakan minggu ke berapa ban tersebut diproduksi. Sementara 2 angka berikutnya menandakan tahun produksi.

Mudahnya, bila pada dinding ban tertera kode 2019, itu artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 20 atau bulan Mei di tahun 2019. Seluruh kode yang ada itu, sudah sesuai dengan standar baku internasional.


Kembali ke atas