Sejarah Head Up Display Mobil, Berawal dari Pesawat Tempur

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 September 2023

Sejarah Head Up Display Mobil, Berawal dari Pesawat Tempur

momobil.id – Seiring dengan berkembangnya teknologi, kabin mobil dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Fitur-fitur yang disematkan tentu berfungsi sebagai perangkat yang membantu meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Salah satu teknologi informasi yang mampu menunjang pengalaman berkendara adalah teknologi head up display. Yuk lebih mengenali sejarah dari teknologi head up display pada mobil di bawah ini!

Sejarah Teknologi Head Up Display pada Mobil

Kisah dari head-up display berawal pada tahun 1940an. Sebelum diaplikasikan pada mobil masa kini, head up display (HUD) digunakan oleh pesawat tempur atau pesawat jet. HUD memudahkan pilot untuk melihat panel instrumen pada ruang kokpit. Hal ini karena sebagian besar informasi pada pesawat ditampilkan dalam HUD. Oleh karena itu, konsentrasi pilot tidak akan terganggu saat mengemudikan pesawat.

Teknologi HUD pada pesawat tempur tidak lagi menggunakan layar tambahan. Informasi yang disediakan terpampang pada kaca depan pilot dengan bantuan alat serupa dengan proyektor.

Seiring dengan perkembangan teknologi, head up display mulai dikembangkan untuk mobil. Pengembangan HUD pada kendaraan roda empat dimulai oleh General Motors (GM) pada tahun 1960an. Pada saat itu, GM sudah mulai mengembangkan teknologi HUD pada kendaraan, namun tidak membuahkan hasil.

Disematkannya teknologi HUD pada mobil dimulai pada tahun 1980an. Saat itu, pembuat suku cadang GM, AC Delco mengakuisisi Hughes Aircraft. Teknologi HUD akhirnya dikembangkan oleh Hughes Aircraft dan kemudian diaplikasikan pada tahun 1988 di Oldsmobile Cutlass Supreme. Tampilannya pun masih sederhana, HUD hanya menunjukkan lampu sein dan kecepatan kendaraan saja.

Hingga kini, teknologi HUD pada mobil sudah memberikan informasi yang sama pada panel instrumen. Pengemudi dapat mengetahui informasi mengenai kapasitas BBM, odometer, speedometer, trip meter, hingga info lalu lintas pada HUD. Bahkan, sebagian mobil premium menggunakan HUD untuk memberikan informasi mengenai batas maksimum kecepatan, mendeteksi blind spot, GPS, hingga line keep assist.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Setir Elektris, Steer by Wire

Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Memasang Head Up Display

Head Up Display memudahkan pengemudi dalam mengetahui informasi kendaraan saat fokus berkendara. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang head up display pada kendaraan.

  • Tidak semua mobil bisa dipasang head-up display, oleh karena itu pastikan mobil tersedia doket OBD (On Board Diagnostic) di bawah kemudi.
  • Perhatikan ruangan permukaan pada kaca depan, beberapa head up display membutuhkan ruang lebih luas untuk menampilkan informasi lebih lengkap.
  • Keterangan informasi dalam HUD disesuaikan agar pengemudi merasa nyaman dengan informasi yang hadir dalam proyeksi kaca depan.
  • Pastikan tampilan HUD tidak menunduk ke bawah jika diproyeksikan ke panel plastik atau kaca.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas