Sejarah Mobil Ikonik Toyota MR2 yang Punya Mesin di Bagian Tengah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 31 October 2020

Sejarah Mobil Ikonik Toyota MR2 yang Punya Mesin di Bagian Tengah

momobil.id – Salah satu mobil ikonik yang pernah dihadirkan oleh Toyota adalah MR2. Diproduksi pada tahun 1984, Toyota MR2 merupakan model pertama yang tak menempatkan mesin di bagian depan, melainkan berada di tengah.

Seperti dilansir Liputan6.com, nama MR diambil dari singkatan midship runabout 2-seater. Nama ini sesuai dengan desainnya, yang memiliki kapasitas dua penumpang, dengan posisi mesin di tengah.

Para perancang desain mobil ini, fokus pada kepraktisan dengan memperhatikan kemudahan akses masuk atau keluar kabin mobil. Termasuk ketinggian tempat duduk, dan juga ruang bagasi adalah poin yang dipikirkan oleh perancang MR2.

Hal tersebut tentu bukan ciri khas sebuah mobil sport yang lebih mengutamakan performa. Nah, bicara performa, mobil ini mempercayakan mesin Corolla berteknologi SOHC berkapasitas 1,5 liter empat silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 83 Tk yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Selain itu, Toyota juga menawarkan mesin yang lebih bertenaga, yaitu unit berkaspitas 1,6 liter DOHC 16-valve dengan kode mesin 4A-GELU. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 130 Tk. Khusus mesin flagship ini, Toyota mempunyai dua pilihan transmisi yakni otomatis empat percepatan dan manual lima percepatan.

Pada 1984 dan 1985, Toyota MR2 terpilih sebagai Car of The Year di Jepang selama dua tahun berturut. Setahun kemudian, saat musim panas 1986, Toyota memperkenalkan varian performa tertinggi dengan menambahkan supercharger ke mesin 4A-GELU. Hasilnya, tenaga meningkat menjadi 145 Tk.

Lima tahun eksis di pasar otomotif Jepang, Toyota meluncurkan generasi kedua pada Oktober 1989 dengan perubahan total. Tetap mempertahankan konsep sporty commuter namun desainnya menjadi lebih sporty dibandingkan sebelumnya.

Perubahan tidak hanya pada sektor bodi. Bila sebelumnya Toyota memakai mesin Corolla sebagai jantung dari MR2, kini giliran mesin Celica 2000 GT dengan teknologi DOHC berkapasitas 2 liter 4 silinder. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 165 Tk, dan mesin ini terdapat pada varian G dan G-limited.

Baca juga: Ganti Oli Mesin dengan Takaran Berlebih Bisa Membuat Mobil Jadi Begin

Toyota juga menawarkan varian flagship yakni GT model, yang dibekali mesin yang sama namun sudah dilengkapi teknologi turbocharger. Pemakaian turbo ini terbukti mampu menaikkan tenaga maksimum menjadi 225 Tk.

Toyota MR2 generasi kedua juga mempunyai stabilitas yang lebih baik dari sebelumnya. Ini karena adanya perubahan sasis khususnya pada bagian belakang yang lebih compact sehingga membuat MR2 tetap stabil dalam bermanuver.

Sumber gambar: Wikipedia


Kembali ke atas