Sejarah Singkat Mobil Hybrid Pertama di Dunia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 May 2020

Sejarah Singkat Mobil Hybrid Pertama di Dunia

momobil.id – Mobil hybrid menjadi mobil yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak perusahaan mobil bersaing dalam segmen mobil hybrid untuk menghasilkan mobil yang ramah lingkungan. Mobil hybrid telah menjadi alternatif kendaraan yang lebih baik dibanding kendaraan konvensional karena lebih hemat bahan bakar. Sebagai contoh mobil hybrid adalah Toyota Prius. Meskipun demikian, Toyota Prius yang dirilis pada tahun 1997 bukan mobil hybrid pertama di dunia. Mobil yang memiliki dua mesin sebagai daya penggerak ini mulai ada sekitar tahun 1900an.

Pencipta mobil hybrid pertama di dunia adalah Prof. Ferdinand Porsche. Pria kelahiran Austria, 3 September 1875 ini bekerja di Lohner Coach Factory di Viena . Porsche membuat mobil hybrid pada tahun 1900an dan diberi nama Porsche Lohner. Porsche Lohner dilengkapi degan mesin bensin yang memiliki fungsi untuk menyuplai bahan bakar ke generator yang kemudian menyalurkan daya listrik. Daya listrik ini disalurkan melalui motor yang berada di roda depan. Sejak saat itu, mobil hybrid terus dikembangkan lalu muncul lah Lohner-Porsche Semper Vivus yang merupakan mobil hybrid fungsional pertama. Mobil hibrida ini kemudian dipamerkan di Paris Exhibition tahun 1900.

Setelah memamerkan mobilnya di ajang Paris Exhibition, Inovasi mobil hybrid Porsche tidak sampai situ saja. Ia kembali melakukan berbagai inovasi, salah satunya adalah mobil balap yang memiliki empat motor listrik di keempat rodanya. Berkat inovasinya itu, banyak perusahaan otomotif yang mencontoh Porsche, seperti perusahaan asal Belgia, Pieper. Pieper membuat mobil hybrid dengan motor listrik yang digunakan sebagai generator untuk menjalankan baterai sekaligus memberi daya pada mobil.

Mobil Hybrid Mulai Tenggelam di Tahun 1930

Di awal tahun 1920, memang banyak mobil berteknologi hybrid, namun pada awal tahun 1930an, mobil hybrid mulai tenggelam karena ditemukannya sumber baru yang digunakan pada teknologi kendaraan. Di tahun 1960, Victor Wouk yang merupakan seorang engineer listrik merancang sebuah mobil hybrid berbasis Buick Skylark, namun usahanya terhenti karena tidak adanya investor yang ingin mendanai proyek ini.

Konsep yang mendasari prinsip mobil hybrid modern muncul di tahun 1986, dimana dimana tiga engineer yang bekerja untuk TRW Automotive yang bernama DR. Baruch Berman, DR. George H. Gelb, dan DR. Neal A Richardson menghasilkan sebuah modul hybrid, yang disebut Electro-Mechanical Transmision. Dalam modul ini, dijelaskan bahwa mesin kecil hybrid dapat menyaingin tenaga dari mesin konvensional. Walaupun demikian, mobil bermesin bensin lebih banyak dipakai oleh orang-orang dibanding dengan mobil hybrid.

Baca Juga : Melihat 6 Mobil Paling Populer di Video Game

Hybrid Muncul Kembali di Era 90an

Menipisnya cadangan bahan bakar dan peraturan emisi gas buang kendaraan menjadi salah satu faktor mobil hybrid kembali dibbicarakan pada era 1990an. Beberapa produsen mobil mulai mengembangkan mobil hybrid. Salah satu mobil hyrbrid massal yang terkenal dirilis pada tahun 1997, yaitu Toyota Prius. Pada awalnya, Toyota Prius hanya dipasarkan untuk pasar domestik, namun jumlahnya terus berkembang hingga dijual secara global. Dua tahun kemudian, Honda mengeluarkan mobil hybrid andalannya, yaitu Honda Insight.



Kembali ke atas