Sejarah Toyota Yaris yang Mengaspal di Indonesia Sejak 2006

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 September 2020

Sejarah Toyota Yaris yang Mengaspal di Indonesia Sejak 2006

momobil.id – Toyota Yaris sudah memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Kedatangan Yaris generasi pertama yang berasal dari Thailand pada tahun 2006 menjadi obat kerinduan bagi pelanggan setelah sekian lama ditinggalkan oleh Starlet yang telah menemani masyarakat Indonesia sejak tahun 1985 dan menjadi idola hingga tahun 1999.

Bermodalkan postur tubuh kompak sebuah city car yang sporty, Yaris berhasil meraih sambutan hangat dari pelanggan. Desain eksteriornya memikat disertai dominasi bentuk membulat yang dinamis. Masuk ke dalam kabin, posisi panel instrumen terlihat unik lantaran berada di tengah dashboard sehingga menjadi pusat perhatian. Yaris generasi pertama ini juga dikenal memiliki ruang penyimpanan berlimpah, mulai dari kedua sisi dashboard, panel pintu, hingga rongga di sisi konsol tengah.

Sebagai kendaraan yang memikat untuk dipacu, fitur keamanan Yaris termasuk lengkap. Airbags dan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS)+Electronic Brake Distribution (EBD) sudah ada di tipe E manual dan otomatis. Sementara pada tipe S dan S Limited sebagai tipe tertinggi, telah memiliki Dual SRS Airbags dan rem cakram pada roda belakang.

Lebih lanjut, dapur pacu Yaris menggunakan mesin 1NZ-FE 1.500 cc berteknologi VVT-i bertenaga 109 PS dan torsi 141 Nm, lengkap dengan pilihan transmisi 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

Menariknya, Yaris tipe S Limited merupakan pelopor penggunaan fitur Smart Key yang dipadukan dengan tombol Smart Engine Start/Stop Button sehingga menambah unsur fun dan menjadi produk Toyota pertama di Indonesia yang mengaplikasikan kedua advance features tersebut. Keunikan lainnya yang meningkatkan kepraktisan Yaris adalah bangku belakang yang dapat dilipat rata dengan cara yang sangat mudah.

Bulan Maret 2009, Yaris hadir dengan sentuhan pada kisi grille bermotif sarang lebah serta bilah krom cantik menemani logo Toyota di atasnya. Sebagai pemanis, setiap sudut bumper depan-belakang dan samping mobil pun diimbuhi lip spoiler tipis. Pada sisi interior, aksen bernuansa krom tampak pada kisi AC sehingga menguatkan kesan mewah yang secara apik menemani nuansa sporty yang ditawarkan.

Sejarah berlanjut pada bulan Mei 2010, ketika diperkenalkan tipe TRD Sportivo versi 2 pada Toyota Yaris sebagai flagship untuk mengakomodasi keinginan anak muda setelah sebelumnya Toyota sempat memperkenalkan edisi terbatas Yaris TRD Sportivo sebanyak 10 unit pada tahun 2008.

Yaris TRD Sportivo versi 2 memiliki tampilan atraktif berkat sporty aero kit di sekujur tubuh. Sistem suspensi pun mendapat sentuhan sehingga pengendaliannya begitu lincah dan cekatan tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Lalu pada tahun 2011, terdapat penambahan fitur back sonar. Sejak itu, nomenklatur TRD Sportivo menjadi tipe flagship Yaris yang turut diaplikasikan kepada beberap produk Toyota lainnya di Indonesia.

Toyota Yaris generasi kedua

Pada bulan Maret 2014, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan Yaris generasi kedua dengan desain yang benar-benar baru. All New Yaris mengalami penambahan panjang 315 mm dan lebar 5 mm, namun tingginya lebih rendah 45 mm untuk mendapatkan karakter lebih aerodinamis.

Yang menarik dari tampilan All New Yaris adalah trapezoidal grille yang tidak hanya menghadirkan kesan stylish namun memiliki unsur fungsional lebih dinamis untuk membelah angin. Lebih lanjut, All New Yaris hadir dengan fitur keselamatan yang optimal di kelasnya dengan mempertahankan sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), hingga fitur keselamatan untuk penumpang seperti Dual SRS Airbags serta seatbelt tiga titik di lima bangku.

Generasi terbaru Yaris ini tidak lagi didatangkan dari Thailand, melainkan sudah menjadi produk dalam negeri. Dua tahun setelahnya, Toyota menghadirkan penyegaran pada Yaris generasi kedua dengan tampilan stylish & fun yang bermodalkan front bumper spoiler, roof spoiler, side stripe serta alloy wheel berdesain anyar.

Baca juga: Hanya Ada Satu Opsi di Indonesia, Ini Varian Nissan Kicks e-Power di Negara Lain

Yang menarik, Yaris tahun 2016 ini dibekali oleh mesin baru berkode 2NR-FE yang bertenaga. Lebih lanjut, roof spoiler pada Yaris TRD Sportivo ini juga disematkan aksen warna merah untuk menambah kesan sporty dan menjadi ciri khas yang dikenali.

Berlanjut hingga awal 2018, PT Toyota-Astra Motor kembali memberikan sentuhan pada Yaris untuk memperkuat pesonanya di segmen anak muda atau pemilik kendaraan berjiwa muda. Kali ini, Toyota menghadirkan Yaris dengan tampilan yang kian modern.

Hal ini bisa dilihat dari konsep yang mengusung tema Sporty and Aggressive Design, tertuang dalam garis bodi yang aerodinamis dan stylish. Pengembangan utama Yaris terbaru ini adalah tampilan yang berkarakter serta dapat merepresentasi nilai-nilai kebutuhan konsumen terhadap sebuah medium hatchback sebagai teman beraktivitas bagi yang berjiwa muda. Sejalan dengan ubahan perilaku konsumen yang kian modern, desain Yaris pun mengalami perubahan dinamis yang dapat terlihat dari mengalirnya garis bodi dari depan hingga samping dan belakang. Desain lampu utama yang tajam menyatu secara apik dengan desain grille yang baru.

Headlamp Yaris dengan tipe TRD Sportivo pun dilengkapi dengan fitur Follow Me Home yang berguna saat malam hari dengan memberikan cahaya bagi pelanggan saat berjalan menjauh setelah keluar dari mobil.

Lebih lanjut, sisi samping Yaris tampak begitu menggoda, terutama pada tipe TRD Sportivo berkat aplikasi Rear Roof Spoiler yang serasi dengan postur yang kian dinamis. Sementara pada bagian belakang, Yaris juga mendapatkan sentuhan anyar yang membuat postur Yaris terkesan sporty, mulai dari kaca belakang yang landai hingga Rear LED Combination Lamp yang menyatu dan harmonis.

Di dalam kabin, ubahan signifikan terlihat pada bagian depan yang terasa lebih modern dengan desain dashboard bagaikan ombak surfing dan penggunaan ornamen silver. Lebih lanjut, tombol pengatur AC pun diperbaharui sehingga lebih mudah pengoperasiannya. Untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, lingkar kemudi Yaris juga memiliki desain yang baru dan khusus untuk tipe TRD Sportivo, telah dilengkapi dengan
pengatur audio pada kedua sisi setir.

Untuk urusan dapur pacu, Yaris masih mengandalkan mesin dengan 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc yang didukung teknologi Dual VVT-i karena terbukti bertenaga dan mampu memberikan efisiensi penggunaan bahan bakar. Menariknya, terdapat pembaruan berupa Convenient Paddle Shift di balik kemudi guna memberikan sentuhan fun to drive dan excitement. Bahkan, disematkan juga mode berkendara Sport/Eco Mode Switch untuk
memberikan nilai tambah berupa pilihan sensasi berkendara yang berbeda.

Kedua advance features tersebut menjanjikan karakter berkendara yang menyenangkan namun tetap efisien. Sementara dalam hal keselamatan pelanggan, Yaris hadir dengan top class safety seperti dengan disematkannya 7 SRS Airbags pada sisi pengemudi, lutut pengemudi, penumpang, sisi kiri dan kanan mobil, kaca kiri dan kanan mobil, lalu fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA) yang melengkapi sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Distribution (EBS) + Brake Assist (BA).

New Yaris 2020

Sejarah Toyota Yaris terus berlanjut hingga tahun 2020 ini. Pada September 2020, Toyota meluncurkan New Yaris yang diklaim memiliki sensasi berkendara yang lincah dengan radius putar lebih pendek yaitu 5,1 meter. Daftar ubahan yang hadir pada New Yaris 2020 bisa dilihat pada artikel ini.

Untuk harganya sendiri, New Yaris ditawarkan mulai dari Rp263,4 juta hingga Rp301,4 juta.


Kembali ke atas