Sekali Isi Baterai, Lexus UX 300e Bisa Tempuh Perjalanan Hingga 300 Km

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 December 2020

Sekali Isi Baterai, Lexus UX 300e Bisa Tempuh Perjalanan Hingga 300 Km

momobil.id – Sejak memperkenalkan RX 400h pada tahun 2005, Lexus memulai perjalanan menuju elektrifikasi dengan merancang kendaraan mewah bernama Lexus Hybrid Drive. Dan beberapa waktu lalu, Lexus Indonesia memperkenalkan sebuah Compact Luxury Crossover SUV dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) pertama mereka yakni Lexus UX 300e. Seperti apa spesifikasi Lexus UX 300e?

“Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious,” kata General Manager Lexus Indonesia, Meinisa.

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm. Dengan spesifikasi tersebut, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Guna memanjakan pelanggannya, setiap pembelian Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang di manapun sesuai keinginan pelanggan dan sebuah Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Baca juga: Jangan Abaikan Fungsi Bushing Mobil! Segera Ganti Jika Handling Terasa Oleng

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PLN. Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi CHARGE.IN yang dekat area-area tertentu seperti di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai sampai penuh dengan menggunakan Household Socket Charging Cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Akan tetapi, pengisian menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam. Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging.

Dari sisi eksterior, Lexus UX 300e dilengkapi signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal yang sangat atraktif terutama saat malam hari.

Mobil ini juga dibekali fitur khas Lexus yang semakin menunjang kenyamanan seperti halnya Power Back Door with Kick Sensor.

Interior Lexus UX 300e

Bergeser ke bagian interior, UX 300e mengusung tema Human-Centered Cockpit, penempatan jok dan fitur-fitur berkendara yang terfokus kepada pengemudi dan penumpangnya. Driving experience makin terasa dengan adanya Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai.

Selain itu, sebagai sentuhan flagship yang fungsional, Electronic Drive Selector yang terinspirasi dari Lexus LC telah menggantikan persneling konvensional untuk pengalaman mengemudi layaknya sebuah Lexus flagship.

Sedangkan bagi penumpang, integrasi audio switch mobil ini yang berada pada arm rest menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3 Center Display, dan telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan AndroidAuto sebagai penunjang berkendara.

Terkait fitur keamanan, mobil ini dilengkapi dengan 8 SRS Airbags, Blind Spot Monitor sebagai indikator yang akan menyala di kaca spion jika ada sudut yang tak terlihat, juga Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Tidak hanya itu, UX 300e sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Sebagai informasi, Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang tentunya mencakup baterai. Selain itu, Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer untuk kenyamanan para pelanggan.


Kembali ke atas