Selain Parkir, Ini Empat Fungsi Rem Tangan pada Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 6 March 2020

Selain Parkir, Ini Empat Fungsi Rem Tangan pada Mobil

momobil.id – Rem tangan adalah sebuah kabel rem parkir yang ada pada mobil dan memiliki fungsi menahan kendaraan bergerak dalam posisi jalan yang miring, terutama pada keadaan jalan menanjak atau menurun.

Rem tangan memiliki fungsi sebagai pengganti rem utama jika mobil dalam kondisi berhenti yang cukup lama, seperti dalam kondisi macet atau ketika sedang parkir. Hampir semua kendaraan seperti truk, bus telah dilengkapi rem parkir dengan tuas dan cara kerja yang bervariasi tergantung model mobil dan bobot kendaraan.

Selain digunakan ketika kendaraan sedang dalam keadaan parkir, rem tangan juga memiliki beberapa fungsi lain. Berikut empat fungsi rem tangan pada mobil.

Baca juga: Bahaya Menginjak Rem Mobil Terus Menerus di Jalan Menurun

Lebih rileks saat lampu merah

Lampu merah mewajibkan pengemudi untuk berhenti sejenak. Dengan menggunakan hand brake, pengemudi tak perlu lagi repot menginjak pedal rem dan khawatir mobil akan berjalan sendiri, baik dalam posisi mobil menanjak atau menurun.

Memudahkan Stop and Go saat menanjak

Pengemudi tidak akan pernah tahu kapan akan terjebat macet. Entah saat kondisi jalan menanjak atau menurun. Pada kondisi seperti ini, rem tangan berperan sangat penting lantaran membantu proses stop and go ketika berada di tanjakan tanpa khawatir kendaraan akan mundur dan menabrak kendaraan di belakang. Bahkan, rem tangan lebih dianjurkan saat tanjakan dibandingkan menggunakan rem kaki.

Melakukan drifting

Teknik drifting akan sulit dilakukan tanpa memanfaatkan rem tangan. Pasalnya, pengemudi harus melakukan manuver yang cukup tajam ketika melakukan drifting, dan rem tangan memegang peran penting dalam teknik tersebut.

Membantu pengereman saat rem blong

Saat terjadi rem blong, biasanya pengemudi akan panik dan nge-blank lantaran tidak tahu harus berbuat apa. Padahal, pengemudi bisa menggunakan rem tangan diikuti penggunaan engine brake untuk menghentikan laju mobil.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas