Selain Wiper, Ini Fitur Mobil yang Bisa Dimanfaatkan Ketika Hujan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 August 2020

Selain Wiper, Ini Fitur Mobil yang Bisa Dimanfaatkan Ketika Hujan

momobil.id – Ketika memasuki musim hujan, pengemudi mobil sebaiknya sudah mengenal dengan baik berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menyapu air hujan maupun embun.

Mengetahui berbagai fitur mobil saat hujan merupakan hal penting ketika mengemudi agar visibilitas tetap terjaga dan tidak terganggu. Karena jika kaca mobil terhalang air, tentu pengemudi akan kesulitan melihat jalan maupun kendaraan yang ada di sekitarnya. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut beberapa fitur di mobil yang bisa dimanfaatkan ketika hujan.

Intermittent wiper

Fitur ini mungkin sering digunakan saat hujan karena bisa mengatur penggunaan wiper dan menyesuaikannya dengan intensitas air yang menerpa kaca. Biasanya tertulis tanda ‘INT’ pada tuas atau tombol wiper.

Dan ternyata fitur ini tercipta awalnya karena kekesalan seseorang bernama Robert Kearns yang merasa jengkel dengan gerakan konstan wiper yang terlalu cepat padahal rintik air yang menerpa kaca masih sedikit. Awalnya intermittent hanya memiliki satu jeda waktu saja, sekitar 5-6 detik. Belakangan, terdapat penyetel waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai tiap 2 detik, 4 detik, hingga 6 detik sekali.

Baca juga: Air Aki Mobil Cepat Habis, Coba Cek Komponen Ini

Lampu kabut (fog lamp)

Lampu kabut atau fog lamp sangat berguna saat hujan dan dalam kondisi jalanan berkabut. Lampu kabut memberikan pencahayaan ekstra untuk meningkatkan visibilitas bagi pengendara.

Terdapat dua jenis lampu kabut yaitu lampu kabut depan (front fog lamp) dan lampu kabut belakang (rear fog lamp). Front fog lamp terdapat pada bagian bawah sisi kanan dan kiri sedangkan rear fog lamp terdapat di bagian belakang mobil dan menyatu dengan lampu belakang mobil dan memancarkan warna merah terang.

Defogger

Fitur ini berbentuk garis-garis vertikal yang terletak di bagian belakang kaca mobil. Sesuai namanya, defogger berfungsi menghilangkan embun yang dapat menghalangi visibilitas pengendara pada bagian belakang terutama saat berkendara dalam kondisi hujan. Hal yang perlu diperhatikan, gunakan defogger seperlunya saja. Jika sudah tidak ada embun atau mobil sudah sampai tempat tujuan, segera matikan defogger.



Kembali ke atas