Selow Aja, Tak Perlu Panik Jika Mobil Mendadak Mogok di Jalan Tol

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

20 Aug 2019

momobil.id - Mobil yang mendadak mogok memang menjadi musibah yang merepotkan, apalagi jika terjadi di jalan tol. Hal utama yang dikhawatirkan pengemudi adalah sulitnya mencari bantuan ketika mobilnya mogok di jalan tol.

Sebenarnya, masalah ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan pengemudi ketika mobil mogok di jalan tol. Seperti dilansir laman resmi Daihatsu, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan pengemudi ketika mobil mogok di jalan tol.

Dorong mobil ke bahu jalan

Jika masih memungkinkan, kendaraan lebih baik ditepikan di bahu jalan agar tidak terserempet oleh mobil pengendara lainnya yang sedang mengemudi di jalur paling kiri atau kanan.

Nyalakan lampu hazard

Lampu hazard penting digunakan pada kondisi ini agar dapat dilihat oleh pengendara lain. Mobil yang menyalakan lampu hazard memberi sinyal bahwa kendaraannya memang sedang dalam kondisi darurat. Kedipan lampu hazard dapat terlihat dari kejauhan, sehingga pengendara lain dapat mengantisipasi dengan berkendara lebih hati-hati dan melintas di jalur lain.

Pasang segitiga pengaman

Selain lampu hazard, sinyal kondisi darurat lainnya yang dapat disampaikan yakni dengan memasang segitiga pengaman lebih dari sepuluh meter di belakang mobil dan 30-50 cm lebih jauh dari sisi kanan mobil. Namun bila kondisi lalu-lintas sedang padat atau macet, segitiga pengaman dapat dipasang kurang dari lima meter di belakang mobil.

Berada di luar mobil

Setelah memasang segitiga pengaman, sebaiknya kamu tetap berada di luar mobil dan mengarahkan mobil lain agar berkendara di jalur lain. Hal ini berguna untuk menghindari risiko ditabrak oleh kendaraan lain dari belakang. Selain itu, ada baiknya jika semua penumpang juga keluar dari mobil untuk menghindari risiko ditabrak kendaraan lain. Karena posisi mobil masih berada di jalan tol, tak bisa dipungkiri jika ada potensi pengemudi lain yang tak melihat sinyal darurat yang dikirimkan dari mobil kamu.

Hubungi pengelola jalan tol

Ini merupakan langkah penting berikutnya setelah kamu mengamankan diri sendiri dan kendaraan. Hubungi pengelola jalan tol untuk meminta bantuan derek resmi. Kamu bisa googling nomor telepon pengelola jalan tol dan menyampaikan kondisi kendaraanmu saat ini yang membutuhkan bantuan derek, setidaknya hingga pintu keluar tol terdekat. Selanjutnya, cari atau hubungi bengkel terdekat untuk memperbaiki kendaraanmu.

Sumber gambar: yourmechanic

  • MoKredit (Display)
  • tips otomotif
  • Mobil Mogok
  • mobil mogok di tol
  • derek jalan tol

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2018
Manual

160 juta

JAKARTA BARAT

2018
Otomatis

195 juta

PALEMBANG

2019
Manual

125 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More