Benarkah Semir Ban Bisa Pengaruhi Handling Mobil Saat Hujan?

Ditulis oleh : admin | 21 December 2021

Benarkah Semir Ban Bisa Pengaruhi Handling Mobil Saat Hujan?

momobil.id – Memasuki musim penghujan ini, berbagai wilayah banyak dilanda hujan yang disertai dengan angin kencang. Bahkan di kawasan tertentu mengalami banjir karena cuaca ini. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian bagi pengendara, terutama bagi yang masih beraktifitas di berbagai tempat. Selain menjaga kondisi mesin mobil, menjaga bagian eksterior mobil juga sama pentingnya agar mobil terlihat tetap bersih dan menawan. Mengenai menjaga penampilan mobil agar tetap oke, banyak orang memilih untuk menyemir ban sebagai salah satu bagian dari menjaga penampilan mobil. Namun banyak rumor yang menyebutkan bahwa selama musim hujan, lebih baik untuk mengurangi kegiatan semir ban mobil karena dapat berdampak terhadap handling / pengendalian mobil. Benarkah itu?

Mengenai penggunaan semir ban yang dapat mempengaruhi handling mobil, Aftersales Division Head Auto200, Nur Imansyah Tara, menjawab pertanyaan tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa selama penggunaannya benar maka tidak akan membahayakan. 

“Pada dasarnya cairan semir ban digunakan untuk sisi dinding (samping) ban. Jika ban yang disemir di sisi samping maka tidak memiliki efek yang berarti pada handling mobil,” ujar Nur Imansyah Tara dilansir dari Kompas.com. 

Oleh karena itu menyemir ban perlu dilakukan dengan tepat dan benar. Bukan hanya memilih produk semir ban yang mengandung silicone based berkualitas, semir ban juga harus dioleskan secara rata di sisi ban. Tentunya hal ini dilakukan dalam keadaan ban yang sudah bersin atau ketika sudah cuci mobil.

Baca Juga:  Selain Handling Jadi Berat, Ini Efek Negatif Lainnya Ketika Ban Kurang Angin

Pastikan juga untuk menyemir ban tanpa mengenai tapak ban mobil. Jangan mengaplikasikan semir ban secara berlebihan agar tidak terbuang dengan percuma. Selain bagaimana cara mengaplikasikan semir ban, penting bagi pengemudi untuk memastikan tekanan angin keempat ban mobil dan ban serep mobil untuk selalu dalam kondisi ideal. Jika ada yang kurang angin maka harus segar ditambah hingga ke tekanan yang ideal. 

Namun jangan terus menyemir ban saja. Jika ban sudah saatnya untuk diganti maka ban harus segera diganti karena ban yang aus atau botak dapat mempengaruhi pengendalian dan pengereman mobil. Oleh karena itu ban harus diperhatikan dari berbagai aspek bukan hanya satu dua aspek saja demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas