Kawaii! Inilah Seni Mendekorasi Mobil Ala Negeri Sakura

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 3 September 2019

Kawaii! Inilah Seni Mendekorasi Mobil Ala Negeri Sakura

momobil.id – Jepang dikenal kaya akan berbagai kebudayaan, baik tradisional maupun kultur populer. Itasha merupakan salah satunya, yaitu mobil dengan dekorasi tokoh animasi atau game Jepang tertentu dan menjadi bagian sub-kultur populer Jepang.

Itasha berasal dari perpaduan kata itai (痛い) and sha (), di mana itai berarti sakit dan sha yang berarti kendaraan. Secara tidak langsung, itasha memiliki arti mobil dengan dekorasi ramai yang bikin sakit mata.

Kenapa dibilang sakit mata? Di negeri Sakura tersebut, Itasha sendiri dianggap memiliki corak yang ramai malah terkadang dianggap norak. Saking ramainya dekorasi, membuat mata yang memandang menjadi ‘sakit’. Meski begitu, mobil bercorak ramai ini tetap populer di kalangan tertentu, khususnya penggemar kultur populer Jepang. Beberapa orang menganggap Itasha tetap dianggap lucu atau kawaii (かわいい ) dalam bahasa Jepang bagi penggemarnya.

Itasha mulai populer pada tahun 80an ketika Jepang berada di puncak ekomomi, namun mencuat ke permukaan sekitar abad 21 saat kultur populer Jepang mulai naik daun. Kala itu, para penggemar memamerkan koleksi mereka di wilayah Akihabara, Jepang. Selain sering mejeng di wilayah Akihabara, beberapa jenis juga pernah mejeng secara resmi di acara konvensi kultur populer Comiket ke-68 pada tahun 2005.

Tidak hanya mejeng di konvensi kultur populer atau wilayah tertentu, Itasha kini juga melaju di industri motorsport Jepang sebagai peserta. Tim profesional maupun tim yang didukung oleh pabrikan tidak keberatan menghiasi mobil mereka dengan dekorasi yang nyentrik, selama hal tersebut bisa memperluas basis penggemar dan mengkampanyekan event yang mereka sedang jalani.

Biasanya, corak dalam itasha bisa menjadi tanda dari mana tim balapan berasal. Salah satu contohnya adalah Team Eva Racing. Team Eva Racing mengusung serial animasi robot-robotan legendaris, Neon Genesis Evangelion yang disokong oleh tim balap ternama. Tiap tahun, Team Eva Racing selalu berkompetisi dalam turnamen tahunan Super GT di Jepang.

Eva Team Racing
Eva Team Racing.
Image Source: Super GT

Seiringnya waktu dan meluasnya kultur populer Jepang di seluruh dunia, itasha mulai masuk ke beberapa negara termasuk Indonesia. Di Indonesia, mobil sakit mata ini lebih sering dipamerkan di event kultur populer tematik Jepang. Salah satunya di Anime Festival Asia 2013. Di event tersebut, beberapa itasha yang milik orang Indonesia dipamerkan di sana dan menarik perhatian pengunjung untuk berswafoto.

Berminat mendekor mobil anda dengan tokoh animasi atau game favorit sampai ramai dan heboh?

Sumber gambar: The Drive


Kembali ke atas