Seperti Ini Tampilan Generasi Terbaru BMW M3 dan M4

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 October 2020

Seperti Ini Tampilan Generasi Terbaru BMW M3 dan M4

momobil.id – Varian paling bertenaga dari Seri 3 dan Seri 4 yakni BMW M3 dan BMW M4 resmi diperkenalkan. Berbeda dari sebelumnya, tampilan BMW M3 dan M4 pada generasi kali ini, rupanya cukup menimbulkan pro dan kontra bagi para pecinta BMW.

Bila pada seri-seri BMW sebelumnya punya tampilan kidney grille yang tidak terlalu besar, kali ini BMW justru melakukan sebuah terobosan ekstrem dengan menyematkan kidney grille yang sangat besar dan bahkan jadi yang paling besar yang pernah dimiliki oleh BMW.

Seperti dilansir kumparan, desain kidney grille yang sangat besar itu dipadukan dengan lampu depan full LED laserlight dan bumper yang lebih sporty dengan lekukan tajam di bagian bawah.

Geser ke sisi samping, kedua mobil ini memiliki desain lekukan yang sangat cantik pada bagian pintu dan terhubung dengan fender depan. Velg berukuran belang, yaitu 18 inci di bagian depan dan 19 inci di bagian belakang pun dibenamkan oleh BMW pada kedua mobil ini.

Bahkan pada varian M Competition, terdapat opsi velg berukuran 19 inci di bagian depan dan 20 inci di bagian belakang. Enggak cuma itu, kedua mobil ini juga dibekali dengan atap berbahan serat karbon dengan opsi moonroof.

Bagi Anda yang ingin kedua mobil ini memiliki tampilan racing look, BMW juga menyediakan opsi M Carbon dengan penyematan berbagai aksen karbon pada bagian kaca spion, spoiler belakang, dan knalpot.

Pilihan warnanya sendiri ada 12 pilihan, yaiti Isle of Man Green, Sao Paulo Yellow, Alpine White, Black Sapphire, Brooklyn Grey, Oxide Grey, Portimao Blue, Toronto Red, Tanzanite Blue II, Individual Dravit Grey, Individual Frozen Brilliant White, dan Individual Frozen Portimao Blue.

Tak hanya pada bagian luar, kesan sporty juga coba ditonjolkan oleh BMW pada kedua mobil ini. Mulai dari penggunaan jok sporty bergaya semi bucket dengan kulit Merino sebagai standar bawaan, hingga opsi jok M Carbon yang diklaim jauh lebih ringan dibandingkan jok standar.

Khusus untuk jok M Carbon, BMW membungkusnya dengan kulit alcantara yang punya warna cerah dan mentereng. Sementara pada jok standar yang dibungkus kulit Merino tersedia 4 pilihan warna, hitam, Yas Marina Blue dan Hitam, Silverstone dan hitam, serta Kyalami Orange dan hitam.

Selain penggunaan jok bergaya sporty, BMW M3 dan M4 juga dibekali dengan engine start stop button berwarna merah pada konsol tengah, tombol modus berkendara M pada setir, trim serat karbon pada dasbor, serta emblem M yang ada pada beberapa bagian di kabin.

Menyandang status M, kedua mobil BMW ini tentu dibekali dengan jantung pacu yang tidak biasa. Baik BMW M3 ataupun M4, sama-sama dibekali dengan mesin 6 silinder TwinPower Turbo berkapasitas 3.0 liter. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 473 dk dan torsi 550 Nm pada varian M Standar, serta 503 dk dan torsi 650 Nm untuk varian M Competition.

Meski punya mesin yang buas, sayangnya laju maksimal keduanya hanya bisa mencapai 250 km per jam atau 290 km per jam saat modus M Driver Profesional diaktifkan. Menyoal pilihan sistem transmisinya, BMW M3 dan M4 varian standar ditawarkan dalam pilihan manual enam percepatan. Sementara varian M Competitionnya hadir dengan transmisi otomatik delapan percepatan.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Periode Brake-In Usai Membeli Mobil Baru

Sistem penggerak keduanya saat ini hanya tersedia penggerak dua roda belakang saja, dengan opsional all wheel drive atau xDrive yang akan tersedia pada akhir tahun ini. Guna memberikan sensasi berkendara khas sedan sport buas, BMW M3 dan M4 juga dibekali dengan pilihan modus berkendara, yakni Efisien, Sport, dan Sport plus, pilihan penggerak sasis Comfort, Sport dan Sport Plus, serta pilihan steering Comfort dan Sport.

Memiliki tenaga yang amat buas, tentu harus diimbangi dengan pengereman yang sangat baik. Karena itu, BMW pun membenamkan rem cakram dengan kaliper 6 piston berukuran 14,9 inci pada bagian depan, dan kaliper rem piston tanggal berukuran 14,6 inci pada bagian belakang.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, kedua mobil ini di pasar Eropa dibanderol dengan harga sekitar Rp1,04 miliar untuk M3 standar dan Rp1,08 miliar untuk M3 Competition. Sementara pada M4 diniagakan dengan harga sekitar Rp1,07 miliar untuk varian M Standar dan Rp1,11 miliar untuk M4 Competition.

Sumber gambar: Motor1.com


Kembali ke atas