Sepuluh Tips Merawat Mobil Baru agar Lebih Awet

Ditulis oleh : redaksi | 20 July 2020

Sepuluh Tips Merawat Mobil Baru agar Lebih Awet

momobil.id – Pemilik mobil baru tentu akan menjaga dan merawat mobilnya dengan sangat hati-hati. Mobil baru tetap harus mendapatkan perawatan intensif yang sama dengan mobil lama sekalipun. Tujuannya jelas, agar performa mesin tetap mulus dan penampilan tetap menawan.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba ketika ingin merawat mobil baru agar tampilannya tetap mengkilat, baik di bagian interior maupun eksterior. Berikut sepuluh tips yang bisa dicoba oleh pemilik mobil baru.

Baca juga: Berbanderol Rp54 Miliar, Lamborghini Sian Roadster Ludes Terjual

Bersihkan jamur mobil

Jamur pada mobil biasanya menyerang bagian eksterior mobil. Jika menemukan adanya jamur pada bagian mobil, maka segera bersihkan karena ini akan menganggu penampilan mobil.

Untuk menghindari munculnya jamur pada mobil, sebaiknya jaga kondisi mobil tidak dalam keadaan lembab atau harus dalam kondisi yang kering. Jika memang mobil basah karena hujan, segera lakukan pengeringan dengan mengelap mobil menggunakan lap microfiber untuk membersihkan mobil. Sebelum mengelap, sebaiknya bilas dulu menggunakan air bersih guna memastikan lumpur maupun kotoran yang menempel selama dalam perjalanan jatuh lebih dulu.

Rutin cuci mobil

Meski sepele, kegiatan mencuci mobil secara teratur dapat mempengaruhi penampilan mobil. Alasan mengapa harus rajin membersihkan mobil adalah karena kotoran yang lama melekat dapat menyebabkan kerusakan pada bagian mobil. Cuci mobil setidaknya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Saat mencuci mobil, gunakan sampo khusus mobil dan jangan gunakan sabun cuci piring atau sabun lain yang tak sesuai peruntukannya.

Hindari paparan sinar matahari

Ketika harus parkir di ruangan terbuka, sebisa mungkin bawa mobil ke tempat yang teduh saat seperti di bawah pohon atau yang memiliki atap. Jika tak menemukan tempat yang teduh, bisa juga memasang cover mobil bila kondisi cuaca sedang sangat panas. Tujuan melindungi mobil dari paparan sinar matahari langsung adalah untuk menjaga cat mobil agar tidak memudar.

Tambahkan coating mobil

Jika memiliki dana tambahan, tak ada salahnya menambahkan coating pada eksterior mobil. Selain membuat tampilan mobil menjadi lebih mengkilat, penambahan coating juga akan melindungi cat mobil. Nilai plus lainnya dari penggunaan coating adalah body mobil menjadi lebih mudah dibersihkan karena coating memiliki efek daun talas yang membuat air langsung jatuh dan tidak menempel.

Rutin bersihkan interior

Tidak hanya bagian eksterior mobil, bagian interior mobil juga harus dijaga kebersihannya. Membersihkan bagian interior bisa menggunakan lap microfiber dan cairan pembersih khusus interior. Semprotkan cairan pembersih ke lap kering kemudian menggosokkan bagian interior yang akan dibersihkan dengan lap tersebut. Ada baiknya juga melakukan vacuum di bagian interior, terutama bagian karpet, guna memastikan debu-debu di dalam interior ikut terangkat.

Rawat mesin mobil

Sebagai komponen penting yang berfungsi untuk menggerakkan kendaraan, kondisi mesin mobil harus selalu dijaga. Selain rutin melakukan service berkala, pemilik mobil juga bisa menjaga kondisi mesin mobil dengan membersihkan debu yang menempel pada bagian mesin mobil. Jangan pernah membersihkan bagian mesin dengan air mengalir seperti mencuci bagian eksterior mobil karena bisa menyebabkan korsleting pada bagian kelistrikan. Jika ragu membersihkannya sendiri, bisa membawa ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk dibersihkan.

Rutin ganti oli mesin

Pada umumnya penggantian oli mesin mobil setidaknya enam bulan sekali. Namun jika mobil sering digunakan setiap hari, bisa mengacu pada jadwal sesuai jarak tempuh. Selain oli mesin, pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi oli rem, oli power steering, dan oli transmisi mobil.

Gunakan BBM sesuai rekomendasi

Setiap pabrikan biasanya sudah memberikan rekomendasi penggunaan bahan bakar untuk setiap modelnya. Misalnya, minimal penggunaan BBM RON 92, maka sebaiknya gunakan bahan bakar sesuai spesifikasi tersebut. Pasalnya, penggunaan bahan bakar yang kurang tepat bisa memengaruhi kinerja mesin mobil.

Bersihkan kolong mobil

Kondisi bagian kolong mobil juga perlu diperhatikan. Pemilik mobil bisa mengecek bagian kolong mobil yang kotor. Semprot dengan air bersih guna memastikan kotoran yang menempel ikut rontok.

Perhatikan gaya berkendara

Gaya berkendara juga bisa mempengaruhi keawetan mobil. Misalnya pada mobil manual, masukkan gigi transmisi jika sudah menginjak pedal kopling secara full. Jangan baru menginjak setengah, sudah memasukkan gigi transmisi. Kemudian saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang, jangan memaksakan terus memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena bisa leih cepat merusak bagian kaki-kaki seiring waktu pemakaian.(Dwi Septi)


Kembali ke atas