Sering Lihat di Jalan, Ini Arti Marka Serong di Percabangan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 7 January 2021

Sering Lihat di Jalan, Ini Arti Marka Serong di Percabangan

momobil.id – Tak hanya traffic light, peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi ketika melintas di jalan raya adalah mengikuti aturan marka jalan. Namun belum semua orang memahami arti dari tiap marka, termasuk marka serong yang membentuk segitiga di antara percabangan dua jalan.

Marka serong ini biasanya berada di antara percabangan dua jalan, baik itu percabangan jalur cepat dan jalur lambat, percabangan jalan layang dan non layang, percabangan jalan underpass dan non underpass, serta percabangan jalan non tol dan tol.

Lalu, apa sebenarnya arti marka serong yang kerap ditemui di percabangan tersebut?

Mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan, pada Pasal 1 ayat 4 dijelaskan marka serong adalah marka jalan yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang, untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.

Mudahnya, marka ini merupakan sebuah tanda atau informasi terkait adanya percabangan dua jalan dalam 1 arah atau 2 arah.

“Garis ini sering disebut juga garis cevron, fungsinya sebagai tempat transisi sebelum pengemudi benar-benar dipisahkan oleh fisik trotoar atau ketika jalan persimpangan di perkotaan, area tersebut digunakan untuk pengamanan terhadap pengemudi dan penyeberang jalan,” jelas Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada kumparan.

Baca juga: Prestige Motorcars Hadirkan Tesla Model 3 Facelift di Indonesia

Lebih lanjut, kata Sony, sesuai dengan aturan marka jalan serta bentuk garis markanya yang tidak putus-putus, maka setiap kendaraan pun dilarang untuk menginjak marka serong ini.

Sebab, apabila ada kendaraan yang berhenti atau menginjak marka jalan secara mendadak, bisa membahayakan pengendara lainnya. “Berbahaya karena biasanya diujung pemisah jalan juga licin dan memiliki level yang berbeda dengan jalan,” sambung Sony.

Sumber gambar: YouTube Dishub Surabaya


Kembali ke atas