Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 September 2020

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

momobil.id – Meski bentuknya hampir mirip, Toyota Alphard dan Vellfire merupakan dua produk yang berbeda, termasuk dari sisi preferensi konsumennya. Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire juga mencakup dari sisi bentuk, fitur, hingga urusan mesin.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, secara segmen keduanya sama namun beda konsep desain dan tampilan. “Secara segmentasi dari pendapatan konsumen serupa, hanya beda preferensinya. Misal Vellfire lebih sporty, Alphard itu lebih elegan,” jelasnya kepada kumparan.

Interior Toyota Alphard
Interior Toyota Alphard

Itu dari strategi pemasaran. Seperti disebutkan di atas, Toyota Alphard dan Vellfire memiliki perbedaan dari sisi bentuk, fitur, maupun, jantung mekanisnya. Secara garis besar Toyota Alphard melakoni debutnya pada 2002 dan mengaspal di Indonesia enam tahun kemudian yang diimpor langsung dari Jepang. Sementara Vellfire masuk pada 2015, bersamaan dengan peluncuran Alphard generasi kedua.

Toyota Vellfire
Toyota Vellfire

Vellfire awalnya diposisikan sebagai pengganti Alphard tipe V. Pabrikan menyasar konsumen eksekutif atau keluarga mapan yang lebih muda ketimbang Alphard. Maka dari itu, urusan tampilan Alphard boleh dikatakan lebih dewasa dan formal, sementara Vellfire lebih menunjukkan sisi futuristik, stylish, dan agresif. Namun tetap keduanya dibalut dalam desain yang mewah.

Jangan heran kalau keduanya dibangun dari platform yang sama. Dua-duanya punya ukuran dimensi yang mirip untuk memastikan kelegaan kabin. Alphard lebih panjang sedikit, 4.945 mm, sementara Vellfire 4.935 mm. Lebih lanjut urusan dimensi lainnya sama, lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm. Dua-duanya punya jarak terendah ke tanah 160 mm.

Interior Toyota Vellfire
Interior Toyota Vellfire

Pada bagian kabin, khusus Alphard terdiri dari banyak varian, tersedia dalam dua warna paduan interior. Konsumen bisa memilih keseluruhan warna kabin hitam atau paduan beige dan hitam. Karakteristik yang paling mencolok adalah unsur kosmetika kabin. Alphard masih menggunakan material panel kayu alami pada beberapa bagian dashboard sampai door trim. Sedangkan Toyota Vellfire warna panel kayunya lebih gelap dan dominasi nuansanya interiornya serba hitam.

Dari sisi fitur keamanan, keduanya sudah dibekali paket keselamatan Toyota Safety Sense berupa Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring, Intelligent Clearance Sonar, dan 7 airbags (varian Alphard tertentu). Sedangkan untuk kebutuhan hiburan dan kenyamanan dalam kabin, ada head unit yang terkoneksi dengan berbagai macam sambungan, termasuk mirroring smartphone. Ada pula panoramic sunroof, pendingin maupun penghangat jok penumpang depan dan pengemudi.

Baca juga: Tampilan Toyota Hilux Facelift yang Resmi Meluncur di Indonesia

Masih ada lagi sunshade yang juga bertindak meningkatkan privasi, tombol pengaturan pada captain seat tengah, ambient light, Nano e, juga LCD monitor pada plafon. Toyota Alphard di Indonesia dijual dengan empat macam tipe X, G, Q, dan hybrid. Khusus Q dibenamkan mesin berkubikasi 3.456 cc berkonfigurasi silinder V6 (2GR-FKS) yang menjanjikan tenaga 295 dk di 6.200 rpm serta torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

Sedangkan tipe lainnya mengusung mesin 2.500 cc, Vellfire pun demikian. Kubikasinya 2.494 4-silinder segaris (2AR-FE) dengan output 177 dk di 6.000 rpm serta torsi puncak 234 Nm pada putaran 4.100 rpm. Semuanya menganut sistem transmisi otomatis CVT. Tapi Alphard Q 3.5L langkah percepatannya mencapai 8 langkah. Berikut daftar harga Toyota Alphard dan Vellfire.

Toyota Alphard X Rp1.041.250.000
Toyota Alphard G Rp1.195.650.000
Toyota Alphard Q Rp1.952.150.000
Toyota Vellfire Rp1.193.650.000


Kembali ke atas