Service AC Mobil Anda Agar Tetap Nyaman Berkendara

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 20 September 2018

Service AC Mobil Anda Agar Tetap Nyaman Berkendara

Tips & Trick Ac Mobil |Tips Mobil

Fasilitas mobil paling penting untuk kenyamanan diantaranya adalah Air Condition atau pengkondisi udara. Untuk cuaca panas, dapat meredam hawa panas dari luar kabin. Sedangkan di musim penghujan, dapat menghilangkan uap air yang mengganggu pandangan pada kaca mobil. Banyak ragam merek AC mobil yang menawarkan keunggulannya, meski juga ditemui kekurangannya. Yang terpenting adalah service AC mobil Anda agar tetap nyaman berkendaraan. Kapan waktunya?

Jika Perfoma AC Menurun atau Rusak

Mudah dirasakan jika Anda pengguna mobil setiap hari akan gejala AC bermasalah. Utamanya terjadi karena disebabkan suhu yang tak mau diatur, aroma bau tak sedap, dan suara yang muncul pada putaran mesin AC . Jika ini terjadi, cek manual atau lekas konsultasikan dengan bengkel spesialis AC mobil.

Saat 10.000 KM

Jika pernah mendengar mesin kehilangan tenaga karena AC menyala, itu sering terjadi saat berkendaraan di perkotaan ataupun pada rute tanjakan. Kemacetan, kerja keras mesin AC meredam panas, jalan tersendat membuat mesin mobil cepat panas.  Itulah mengapa Anda harus melakukan service AC mobil pada 10.000 KM. Maksimal 15.000 KM Anda harus mengecek AC secara menyeluruh agar tetap berfungsi baik.

Setiap 6 Bulan

Meskipun Anda hanya memarkirkan mobil dalam waktu lama di rumah dan tidak menggunakan AC mobil sekalipun, ataupun merasa selama pemakaian rutin tidak ada masalah, tapi pasti ada saja proses pemakaian kita yang merusak komponen AC mobil. Mulai dari guncangan dan benturan selama perjalanan. Faktor usia dari AC mobil itu sendiri dan bagian-bagian mobil lainnya juga mempengaruhi.

Secara Berkala

Jika hanya service kecil Anda bisa melakukannya tiap setahun sekali dengan membersihkan evaporator dan filter agar kotoran dapat kembali disaring dengan maksimal. Sedangkan untuk service besarnya sebaiknya setiap dua tahun sekali, dengan cara pembersihan menyeluruh, misalnya evaporator dicuci dan freon diisi ulang.

Service AC mobil rutin mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat memberikan kenyamanan pada pemilik mobil. Kegiatan rutin service AC mobil yang sebenarnya terlihat mudah, akan terasa sulit karena rutinitas sehari-hari yang menyita waktu. Jika terus dibiarkan akan membawa dampak yang sangat fatal dan tidak menutup kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih besar. Jadi, sebaiknya service AC mobil Anda secara rutin agar awet dan terhindar dari kerusakan parah.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas