Setir Mobil Bergetar Saat Ngebut, Bisa Jadi Ini Pemicunya

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 13 August 2020

Setir Mobil Bergetar Saat Ngebut, Bisa Jadi Ini Pemicunya

momobil.id – Mobil merupakan kendaraan pribadi pilihan yang biasa digunakan oleh masyarakat karena memiliki kelebihan tertentu. Namun ada kondisi setir mobil terasa bergetar ketika mengendarai mobil, apalagi ketika sedang dipacu dalam kecepatan tinggi. Getaran ini tentunya membuat pengemudi tidak nyaman saat berkendara.

Ada beberapa faktor yang membuat setir mobil bergetar sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. Berikut beberapa penyebab setir mobil bergetar ketika sedang memacu kecepatan kendaraan.

Ban mobil tidak seimbang

Ban mobil yang tidak seimbang akan mengakibatkan perputaran roda menjadi tidak stabil. Coba periksa kondisi ban di bengkel terdekat atau bengkel yang sudah menjadi langganan.

Tak pernah spooring balancing

Salah satu perawatan mobil yang perlu diperhatikan yakni spooring. Karena hal ini berpengaruh terhadap masalah setir sebuah kendaraan. Untuk itu perlunya perawatan secara rutin. Ada baiknya melakukan spooring balancing pada mobil apabila sudah menempuh jarak sejauh 10.000 km.

Kaki-kaki aus atau rusak

Penyebab lainnya yang kerap terjadi yakni rusaknya bagian kaki-kaki mobil seperti ball joint, tie rod, rack steer dan long tie rod. Hal ini bisa menjadi penyebab setir mobil bergetar. Cara mengatasinya dengan mengganti komponen tersebut menggunakan spare part orisinil yang baru.

Kondisi velg 

Bentuk velg yang penyok mengakibatkan putaran tidak stabil dan membuat getaran pada setir kemudi mobil. Jika velg sudah penyok atau tidak rata, sebaiknya segera ganti dengan velg baru.

Bearing/laher sudah aus

Kondisi bearing atau laher roda pada bagian depan yang aus bisa menjadi salah satu penyebab setir kemudi sebuah mobil menjadi bergetar. Hal tersebut tentunya menjadikan kinerja komponen tidak bekerja secara maksimal agar dapat menyangga beban mobil kendaraan.

Laher yang aus juga bisa mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen lain seperti bushing arm, tierod, joint dan lainnya. Karenanya perlu perawatan rutin dengan melumasi komponen tersebut menggunakan grease guna meminimalisir timbulnya gesekan antar komponen yang menjadikannya cepat aus.

Baca juga: Alasan Mengapa Harus Rutin Mengecek dan Ganti Minyak Rem Mobil

Roda mobil tidak seimbang

Keempat roda mobil yang tidak seimbang bisa menimbulkan setir kemudi mobil menjadi bergetar. Hal ini bisa terjadi karena mobil dipakai melakukan perjalanan jarak jauh dan melewati jalanan berlubang ataupun bergelombang. Jika sering melintasi jalanan tersebut, bisa menjadikan porsi beban mobil menjadi berbeda satu dengan yang lainnya.(Dwi Septi)


Kembali ke atas