Shockbreaker Bunyi? Ini Penyebabnya!

Ditulis oleh : admin | 23 April 2019

Shockbreaker Bunyi? Ini Penyebabnya!

Shockbreaker Mobil Bunyi  | Tips & Trik

Salah satu komponen mobil yang penting adalah shockbreaker. Komponen yang lebih akbrab disebut suspensi mobil ini berfungsi sebagai peredam kejut akibat medan jalan tidak rata dan untuk mengatur gigitan ban.

Selain itu, komponen ini bisa mengatur beban mobil pada aspal, misalnya komponen shockbreaker depan mobil. Atau dalam bahasa sederhananya, komponen ini ada untuk mendukung kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Usia suspensi sendiri tidak bisa dipatok berdasarkan berapa lama pemakaian. Namun, jika suspensi mengalami kerusakan, maka kenyamanan dalam berkendara tidak akan Anda dapatkan. Penyebab suspensi rusak adalah ketika mobil sering digunakan pada jalanan rusak dengan kecepatan yang tinggi dan penggunaan shockbreaker yang tidak sesuai kegunaannya.

Berikut penyebab shockbreaker berbunyi secara terus menerus beserta cara untuk memperbaikinya.

Cek Shockbreaker
Mobil yang sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh akan menyebabkan kinerja shockbreaker menjadi lemah dan kurang maksimal. Hal ini pun akan berpengaruh pada keseimbangan mobil saat dikendarai.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus mengecek bagian kaki mobil untuk memastikan sumber suara. Cara mengeceknya mudah, kendarai mobil dengan kecepatan sedang di jalan lurus dan rata. Jika mobil terasa limbung dan tidak seimbang, maka ada masalah pada shockbreaker mobil Anda.

Perhatikan Bushing Arm
Bushing arm merupakan komponen dari shockbreaker terdiri dari selongsong besi yang disokong karet. Bushing arm berfungsi sebagai peredam getaran di bagian sambungan antara komponen suspensi mobil dari logam tersebut.

Salah satu penyebab suara berisik pada mobil adalah karena adanya kerusakan pada bagian bushing arm. Selain menimbulkan suara berisik, kerusakan pada bagian ini akan berakibat pada kenyamanan berkendara. Jika Anda mendengar suara berisik dan laju mobil melenceng ke kiri atau ke kanan, maka bisa dipastikan penyebabnya berasal dari bushing arm.

Periksa Bushing Stabilizer
Bushing stabilizer bekerja sebagai penyeimbang suspensi kanan dan kiri. Jika Anda merasa mobil Anda mengeluarkan bunyi saat melakukan pengereman, bisa jadi ada masalah pada bushing stabilizer Anda.

Periksa Ban Mobil
Setelah melakukan perjalanan jauh, maka ban mobil Anda akan terkikis. Meskipun level dari terkikisnya mobil tidak jelas terlihat, terkikisnya ban mobil dapat memengaruhi laju mobil. Anda bisa mengetahui bahwa ban mobil terkikis adalah ketika Anda merasa ketidakseimbangan mobil saat melaju atau setir mobil tidak bisa stabil.

Suara gemuruh pada mobil juga bisa terjadi ketika ban mobil Anda mengalami keausan ekstrim atau ban minta ganti sebelum waktunya. Anda bisa mengecek dengan melakukan rotasi pada ban mobil Anda.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera memeriksakan sistem keseimbangan mobil segera ke bengkel terdekat. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Dwi Septi

Foto : IST

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas